PERSEPSI DOSEN TERHADAP BUKU TEKS NIHONGO YASASHII SAKUBUN

Penulis

  • Hendri Zalman Universitas Negeri Padang
  • Maulluddul Haq Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Penelitian evaluasi, Persepsi, Buku teks, Nihongo yasashii sakubun

Abstrak

Salah satu faktor yang melatarbelakangi penelitian ini adalah minimnya penelitian evaluasi terhadap buku teks yang digunakan di dalam pembelajaran Bahasa Jepang di Indonesia. Padahal, di dalam teori pengembangan kurikulum dan pembelajaran banyak ahli yang mengatakan bahwa sebelum, sedang, dan sesudah sebuah buku digunakan perlu dievaluasi, salah satunya dengan cara meminta pandangan/persepsi semua pihak yang terkait dengan pembelajaran, seperti: guru/dosen, siswa/mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi dosen terhadap buku teks “nihongo yasashii sakubun” yang digunakan dalam pembelajaran shochukyu sakubun di Universitas Negeri Padang. Pada penelitian ini digunakan metode kuantitatif dan pendekatan deskriptif. Data diambil dari angket persepsi dan diolah dengan menggunakan skala likert (1-5). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dosen terhadap buku teks “Nihongo Yasashii Sakubun”berada pada angka rata-rata 2,6. Artinya, dapat disimpulkan bahwa persepsi dosen menunjukkan bahwa tingkat relevansi buku teks “Nihongo Yasashii Sakubun” ini untuk pembelajaran shochukyu sakubun berada pada angka 52%.  

Referensi

Nation I.S.P. and John Macalister. (2010). Language Curriculum Design. Routledge.

Print, Murray. (1993). Curriculum Development and Design: Second Edition. Allen & Unwin.

Richards, JC. (2001). Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge University Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Zalman, H. (2021). “The Implementation of the Result of Error Analysis on Writing Kata Kana to Kata Kana Learning Instructional”. Proceeding of The 4th International Conference on Language, Literature and Education (ICLLE 4-2021). ISBN 978-94-6239-475-9. ISSN 2352-5398. https://www.atlantis-press.com/proceedings/iclle-21/125965239

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-01