Analisis Kemampuan Membaca dan Menulis Hiragana Siswa Kelas XI MIPA 4 SMA Negeri 2 Bukittinggi

Penulis

  • Isra Miyarti Universitas Negeri Padang
  • Rita Arni Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Hiragana, Jepang, Kemampuan Hiragana

Abstrak

Dalam proses pembelajaran bahasa Jepang masih banyak pemelajar pemula yang mengalami kesulitan saat mempelajari hiragana. Kesulitan dalam mempelajari hiragana dikarenakan banyaknya jumlah hiragana, hiragana memiliki banyak kesamaan bentuk, dan adanya urutan penulisan yang membuat pemelajar merasa kesulitan dalam mempelajarinya, sehingga berpengaruh terhadap penguasaan pemula dalam mempelajari hiragana. Ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuanmengetahui seberapa besar kemampuan siswa dalam membaca dan menulis hiragana, dan mengetahui kendala serta permasalahan yang dialami siswa saat mempelajari hiragana. Berdasarkan hasil tes diketahui bahwa kemampuan siswa dalam membaca dan menulis hiragana memperoleh hasil rata-rata sebesar 55,48. Hasil rata-rata nilai tes yang didapatkan termasuk pada kategori hampir cukup. Dibutuhkan upaya baik dari guru maupun siswa  untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca dan menulis hiragana.

Referensi

Adrianto, Refnaldi, Yulia Nova. (2018). Dampak Metode Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Terhadap Penguasaan Hiragana Siswa Kelas X IPA 2 dan Ipa 3 SMA Kartika 1-5 Padang. Omiyage: Jurnal Prodi Pendidikan Bahasa Jepang

Arifin, Zaunal. (2012). Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Arni, Rita., & Suciaty, Prisyanti. (2021). An Analysis of Student's Hiragana Latters Mastery at Japanese for general Purpose Course of Universitas Negeri Padang. Google Scholar. ( https://www.atlantis-press.com/proceedings/psshers- 20/125958144). Diakses pada 12 Agustus 2022

Danasasmita, Wawan. (2002). Masalah-masalah Pendidikan Bahasa Jepang di Indonesia. Bandung: Risqi Press

Siyoto, Sandu., & Sodik, M. Ali. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing

Sudjianto, & Dahidi. (2007). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.

Yahya. (2014). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Padang: UNP

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-01