PERSEPSI KESIAPAN MAHASISWA PLP PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG TERHADAP MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING (PjBL)
Kata Kunci:
persepsi, model Project-based LearningAbstrak
Project-based Learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang menitikberatkan pada pemberian pengalaman belajar melalui pembuatan proyek. Peningkatan pemahaman dan berpikir kritis dalam mengembangkan ide kreatif dan aktif merupakan tujuan dari model pembelajaran Project-based Learning. Penelitian ini akan mendeskripsikan persepsi mahasiswa PLP terhadap penerapan model pembelajaran Project-based Learning. Kompetensi mahasiswa PLP dalam mengimplementasikan model pembelajaran PjBL di sekolah sangat diperlukan. Oleh karena itu perlu untuk mengukur pemahaman dan kesiapan mahasiswa terkait PjBL. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan statistik yang melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan 2019 sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket kepada mahasiswa angkatan 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran Project-based Learning termasuk dalam kategori baik dengan skor rata-rata (mean) dan persentase 66.67%. Secara umum persepsi mahasiswa terhadap model pembelajaran Project-based Learning sangat baik.
Referensi
Abidin, Y. (2013). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama. D. Sutedi, “Evaluasi hasil belajar Bahasa Jepang”, Bandung: Humaniora, 2019, pp. 141.
Aldabbus, S. (2018). Project-Based Learning: Implementation & Challenges. International Journal of Education, Learning and Development, 6(3), h. 71-79..
Atac, B. A., & Tasci, S. (2020). An Investigation of Prospective Language Teachers’ Knowledge and Attitudes Towards Inclusive Education in Turkey. International Journal of Curriculum and Instruction, 12(2),
Dag, F., & Durdu, L. (2017). Pre-Service Teachers’ Experiences and Views on Project-Based Learning Processes. International Education Studies, 10(7), h. 18-39.
Daryanto & Rahardjo, M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.M. Isao, “Kokuzaikoryuukikin Nihongo Kyoujouhou Shiriizu Dai 7 Kaku Koto Wo Oshieru”,
Tokyo. Japan Foundation, 2010.
Kirfianda. (2015). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dan Problem Based Learning (PBL). Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia.
Kurniawan, L. (2011). Metode Pembelajaran Matematika Pembelajaran Berbasis Proyek Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Neolaka, “Metode Penelitian dan Statistik”, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016.
R.A. Sani, “Inovasi Pembelajaran”, Jakarta.Bumi Aksara, 2013, pp. 33.
Rusman. “Model-model Pembelajaran” Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010, pp. 76.
Sugiyono. “Statistika untuk Penelitian”, Bandung: Alfabeta, 2010, pp. 31.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 D. Ramadhani, M.S. Basri, S.W. Widiati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.