Pendapat Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang Terhadap Media Youtube Sebagai Media Belajar Mandiri
Kata Kunci:
Youtube, belajar mandiri, mahasiswa, pengaruh, hasil belajarAbstrak
Belajar mandiri merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa untuk meningkatkan capaian belajar. Pada masa pandemi yang saat itu tidak diketahui kapan akan berakhir, Youtube menjadi platform yang banyak dikunjungi oleh mahasiswa baik untuk hiburan atau sebagai media belajar dengan melakukan eksplorasi secara mandiri sebagai upaya untuk mencapai target pembelajaran secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari media youtube tersebut terhadap hasil belajar mahasiswa. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dengan subjek penelitian yaitu 30 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (Prodi PBJ) Universitas Negeri Semarang (UNNES). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan angket sebagai instrumennya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan panel persepsi. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa responden menyatakan media Youtube sangat berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwa dosen sebagai pengampu mata kuliah di Prodi PBJ UNNES dapat memanfaatkan Youtube sebagai salah satu media dalam pembelajaran di kelas.
Referensi
Burke, S. C., Synder, S., & Rager, R. C. (n.d.). An Assessment of Faculty Usage of YouTube as a Teaching Resource. The internet Journal of Allied Health Sciences and Practice, 7(1). 10.46743/1540-580X/2009.1227
David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh konten vlog dalam youtube terhadap pembentukan sikap mahasiswa ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan politik universitas sam ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).
Ernawati, N. P. E. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Video Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Singaraja. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 9(1), 92-106.
Hermawan, D. A. (2021). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jepang di SMAN 10 Malang Pada Masa Pandemi Covid-19. Chi'e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 9(2), 76-86.
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018, 11 28). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 258. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16140
Putra, A., & Patmaningrum, D. A. (2018). Pengaruh Youtube di Smartphone Terhadap Perkembangan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Anak. Jurnal Penelitian Komunikasi, 21(2). Snelson, C. (2011, 1 3). YouTube Across the Disciplines: A Review of the Literature.
EDUCATIONAL TECHNOLOGY FACULTY PUBLICATIONS AND PRESENTATIONS, 7(1). https://scholarworks.boisestate.edu/edtech_facpubs/11/
Suardana, I. K. (2012, 04 30). Implementasi Model Belajar Mandiri untuk Meningkatkan Aktivitas, Hasil, dan Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v45i1.1785
Suyanto, D. A., Dewi, R. Z., & Lailin, M. A. H. (2021). Pengaruh Konten Channel Youtube Nihongo Manttapu Terhadap Pemilihan Karir Generasi Z (Studi Pada SMA Negeri 1 Bangsal). PAWITRA KOMUNIKA: Jurnal Komunikasi dan Sosial Humaniora, 2(1), 64-80.
Tohari, H., Mustaji, N., & Bachri, B. S. (2019, 04 10). Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 3. 10.31800/jtp.kw.v7n1.p1--13
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yuan Virna, Alisha Rafa Nurmaulia, Aura Fadiah Pratiwi, Nidaa' Nur Afiifah, Ai Sumirah Setiawati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.