Persepsi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang di Universitas Negeri Semarang Terhadap Mata Kuliah Nihongo Nouryoku Shiken

Penulis

  • Yulia Agustina Universitas Negeri Semarang
  • Rafael Grace Wisda Shanty Dewi Universitas Negeri Semarang
  • Eka Wahyuni Universitas Negeri Semarang
  • Muhamad Bangkit Sanjaya Universitas Negeri Semarang
  • Ai Sumirah Setiawati Universitas Negeri Semarang

Kata Kunci:

Presepsi, mahasiswa, PBJ UNNES, Nihongo Nouryoku Shiken

Abstrak

Mata kuliah Nihongo Nouryoku Shiken (NNS) adalah mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa guna menunjang kemampuan mahasiswa sesuai standar JLPT (Japanese Language Proficiency Test). Pada mata kuliah ini dibahas mengenai pemahaman kosakata dan kanji Bahasa Jepang (Moji Goi), penggunaan tata bahasa (Bunpo), membaca dan memahami bacaan (Dokkai), dan kemampuan memahami dan mendengarkan ujaran dan percakapan (Choukai).  Mata kuliah NNS di Prodi Pendidikan  Bahasa  Jepang  (PBJ)  Universitas Negeri Semarang (UNNES) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa selama masa studinya. Mata kuliah yang berkaitan dengan NNS disediakan mulai level N5 hingga N2 yang diberikan mulai semester 2 hingga 5. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai seberapa penting dan bermanfaatnya mata kuliah NNS dalam pembelajaran Bahasa Jepang. Subjek penelitian yaitu mahasiswa Prodi PBJ yang berstatus aktif pada semester ganjil tahun 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan instrumen penelitian menggunakan angket yang disebar secara daring menggunakan media Google Formulir. Berdasarkan hasil angket dapat dikatakan bahwa persepsi mahasiwa Prodi PBJ UNNES terhadap penyelenggaraan mata kulian NNS tergolong pada kategori baik

Referensi

Juariah, J., Agustine, I., Wahyuningtias, H., & Rismayanti, D. 2013. “Analisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Enshu Sebagai Persiapan Untuk Menghadapi Ujian Nihongo No Nouryokushiken (NOKEN/JLPT).”, https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=persepsi+mahasiswa+noken&o q=#d=gs_qabs&t=1664973453752&u=%23p%3DktQVNfupBs4J, diakses pada 4 Oktober 2022

Sinta. 2012. “Pendidikan Dijepang: Dulu Dan Kini”, http://pps.uny.ac.id/id/berita/pendidikan-di-jepang-dulu-dan-kini.html, diakses pada 5 Oktober 2022

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-01