Analisis Motivasi Mahasiswa Baru Memilih Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang

Penulis

  • Listya Ervinadilla Soebagijo Universitas Negeri Semarang
  • Wafidatun Nisa Universitas Negeri Semarang
  • Aisyah Abdurrahman Universitas Negeri Semarang
  • Firadiana Puspita Indah Asmara Universitas Negeri Semarang
  • Ai Sumirah Setiawati Universitas Negeri Semarang

Kata Kunci:

Motivasi, bahasa Jepang, pendidikan bahasa Jepang

Abstrak

Bahasa Jepang menjadi salah satu bahasa asing yang banyak diminati untuk dipelajari saat ini, terlebih lagi dengan semakin berkembangnya industri hiburan jepang seperti anime, J-POP, dan dorama membuat orang-orang semakin ingin mempelajari bahasa Jepang. Ada beberapa faktor yang membuat seseorang tertarik untuk mempelajari bahasa Jepang seperti faktor internal dan juga eksternal. Faktor internal berasal dari dalam diri orang tersebut karena adanya suatu ketertarikan sehingga menimbulkan keinginan untuk mempelajari bahasa Jepang lebih jauh, sedangkan faktor eksternal berasal dari luar yang mengharuskan orang tersebut mempelajari bahasa Jepang seperti misalnya untuk mengikuti tes JLPT sebagai syarat studi atau bekerja di Jepang. Selama mempelajari bahasa Jepang tentunya seseorang dapat mengalami pasang surut motivasi belajar. Motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan semangat belajar namun sebaliknya, motivasi belajar yang rendah dapat menimbulkan rasa malas dalam mengikuti pembelajaran. Maka dari itu, kami melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui tingkat motivasi mahasiswa pendidikan bahasa Jepang UNNES khususnya mahasiswa baru. Penelitian ini akan berfokus pada bagaimana motivasi mahasiswa baru  PBJ UNNES dalam mengikuti perkuliahan bahasa Jepang. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini adalah motivasi belajar dengan jumlah responden sebanyak 40 orang yang merupakan mahasiswa baru prodi pendidikan bahasa Jepang UNNES. Sumber data yang dipakai berasal dari data primer dan sekunder. Dari penelitian yang kami lakukan menghasilkan data bahwa mahasiswa baru program studi Pendidikan Bahasa Jepang UNNES sebelumnya pernah mempelajari bahasa Jepang sebelum mulai mempelajarinya di bangku perkuliahan. Namun, terdapat juga mahasiswa yang sebelumnya belum pernah mempelajari bahasa Jepang. Rata-rata mahasiswa memiliki motivasi terbesar mempelajari bahasa Jepang agar dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Jepang dengan lancar.

Referensi

Kobari, N. (2014). Penelitian Dasar Terhadap Motivasi Mahasiswa Yang Memilih Keahlian Pendidikan Bahasa Jepang. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 117. https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v14i2.702

Abusyairi, K. (2015). Motivasi Mahasiswa dalam Memilih Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Samarinda. Fenomena, 7(1), 131. https://doi.org/10.21093/fj.v7i1.270

Suriyani, K. W. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Jurusan Akuntansi Program S1 di Universitas Pendidikan Ganesha. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2). https://doi.org/10.23887/ekuitas.v4i2.12792

Ramadhani, H. S. (2017). Efektivitas metode pembelajaran scl (student centered learning) dan tcl (teacher centered learning) pada motivasi instrinsik & ekstrinsik mahasiswa psikologi untag surabaya angkatan tahun 2014 –2015. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 6(2), 66-74.

Suryadi, D., & Rosiah, R. (2018). Motivasi Belajar Bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 2(1). Retrieved from https://doi.org/10.18196/jjlel.2110

Septianti, D., & Frastuti, M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Berbasis Internet, Motivasi Intrinsik dan Motivasi Ekstrinsik Terhadap Minat Berwirausaha Online Mahasiswa Universitas Tridinanti Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 10(2), 130-138.

Saputra, H., & Rizal, M.Pd, M.T, D. F. (2019). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Angkatan 2018. Cived, 6(3). https://doi.org/10.24036/cived.v6i3.106223

Nuryanto, S., Isna Wahyu Septiana, Y., & Agustina, W. (2020). Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi Pg Paud. Jurnal Buah Hati, 7(2), 182–196. https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i2.1103

Setiawati, A. S., Oesman, A. M., Wardhana, C. K., & Suryawijaya, G. R. (2021). Pembuatan Komik Strip (4 Koma Man’ga) dengan Struktur Kishoutenketsu dan Tema Nilai Konservasi. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 219-226.

Syafril, S. (2021). Motivasi Mahasiswa Memilih Jurusan Pendidikan Luar Biasa Di Perguruan Tinggi. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 2, 98–112. https://doi.org/10.34125/kp.v6i1.583

Putra, D. R., Pratama, R., & Firta, W. (2022). … Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Pada Perguruan Tinggi Stkip …. Jurnal Education and …, 34–43. http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3473%0A

https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/download/3473/2240

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-01