MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KANJI DASAR MELALUI GAMBAR PIKTOGRAM
Kata Kunci:
menulis, kanji, gambar, piktogramAbstrak
Meningkatkan kemampuan menulis kanji melalui gambar piktogram. Diantara huruf Jepang yang harus dipelajari oleh pemelajar bahasa Jepang, kanji dianggap huruf yang paling sulit dibandingkan huruf kana (hiragana dan katakana). Kesulitan ini hampir dirasakan semua pemelajar bahasa Jepang, khususnya pemelajar pemula. Metode ceramah dan berpusat pada guru (teacher center) yang dilakukan selama ini dalam pembelajaran kanji tidak lagi efektif. Penelitian ini dilakukan untuk mencari solusi bagi pemelajar pemula terhadap kesulitan mengingat cara menulis kanji, yakni melalui media gambar piktogram. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemampuan pemelajar dalam menulis kanji dasar setelah diterapkan menulis kanji menggunakan gambar piktogram dan (2) mengetahui respon pemelajar terhadap penerapan menulis kanji menggunakan gambar piktogram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Dari hasil penelitian ini terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar pemelajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Padang, dengan jumlah 17 orang. Hasil penelitian menggambarkan bahwa gambar piktogram membantu pemelajar dalam mengingat cara menulis kanji dasar.
Referensi
Depdiknas. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka
Harimurti, Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Marcellina, Evi. 2014. Penggunaan Media Gambar untuk Meningkatkan Daya Ingat Siswa dalam Pembelajaran IPS Kelas IV MI Mambaul Ulum Tirtomoyo Pakis, Malang: Skripsi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim
Paramita, Rahadian. 2011. Sekilas Tentang Piktogram. Diambil dari: http://dkv-unpas.blogspot.co.id/2011/01/sekilas-tentang-piktogram.html
Sakuma, Junichi; Machida, Ken dkk. 1994. Gengogaku Nyuumon: A Guide to Linguistics. Tokyo: Kenkyusha
Sudjianto. 2007. Gramatika Pendidikan Bahasa Jepamg. Jakarta: Kesaint Blanc
Sutedi, Dedi. 2009. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora
Takebe, Yoshiake. 1993. Kanji wa Muzukashikunai (Kanji isn’t That Hard). Tokyo: PT Aruku
Yulianti & Visiaty. 2014. Strategi Pembelajaran Kanji: Studi Kasus Pada Pembelajaran. Al Azhar Indonesia Seri Humaniora
Yulia, Nova. 2020. Students’ Mastery On Writing Kanji At Japanese Language Education Study Program Of UNP. Jurnal Kata: Penelitian Tentang Ilmu Bahasa dan Sastra
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Nova Yulia

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.