STRATEGI DAN METODE BELAJAR DALAM PEBELAJARAN BAHASA JEPANG

Penulis

  • Eli Nursya SMA Negeri 8 Padang

Kata Kunci:

Pendidikan, Sekolah, aktif - partisipatif, Metode, Strategi

Abstrak

Pendidikan memegang peran yang sangat penting untuk menjamin kelangsungan kehidupan negara dan bangsa karena pendidikan merupakan sarana untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Sekolah merupakan sarana untuk menuntun berkembangnya anak,  proses pembelajaran pembelajaran yang aktif dan partisipatiflah yang akan menjadikan anak berkembang sesuai dengan bakat dan minatnya, maka proses pembelajaran akan terasa asik jika dalam setiap proses pembelajaran bahasa Jepang dikelas di laksanakan dengan metode dan strategi yang menarik serta sesuai kebutuhan belajar siswa. Strategi pebelajaran merupakan cara dan peran guru dalam mencapai tujuan pembelajaran sedangkan Metode pembelajaran adalah cara dan Langkah-langkah guru menampaikan pembelajaran di dalam kelas, misalnya: metode Scientific, Project Baset Learning, Ingkuiry Kearning, Dicoveri Leraning, Colaboratif Learning dan lainnya. Pemilihan terhadap metode dan strategi pembelajaran ini harus disesuaikan dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik peserta didik.

Referensi

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Made, Wena. (2009).Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2011). KTSP Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara .

Suprihatiningrum. (2013). Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Syaiful, BD; dkk. (2008) .Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2007). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Zainuddin; Surasa. (2005). Catatan Strategi Belajar-Mengajar Fisika. Program Studi Pend. Fisika PMIPA FKIP Unlam: Banjarmasin.

Unduhan

Diterbitkan

2023-03-01