PENDIDIKAN 4.0 DAN PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG BERBASIS TEKS

Penulis

  • Hendri Zalman Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

revolusi industri 4.0, pendidikan 4.0, kurikulum 2013, pembelajaran berbasis teks

Abstrak

Artikel   “Pendidikan   4.0   dan   Pembelajaran   Bahasa Jepang Berbasis Teks” ini dilatarbelakangi oleh fenomena trend internasional, khsusunya revolusi industri 4.0 dan lahinnya kurikulum 2013. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan hakikat perubahan kurikulum 2013 sebagai bagian dari proses pengembangan kurikulum menuju formula yang lebih baik, serta dampaknya terhadap pembelajaran berbahasa asing, terutama bahasa Jepang penutur Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data deskriptif-analitis. Adapun pembahasan pada artikel ini dipusatkan pada; trend revolusi industi 4.0 dan pendidikan  4.0,  kurikulum  2013  dan  refleksi pembelajaran bahasa 4.0, dan pembelajaran bahasa Jepang berbasis teks. embahasan artikel ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan tambahan bagi pengajar dan calon pengajar bahasa Jepang penutur Indonesia.

Referensi

Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks: Representasi Kurikulum 2013. . Aksara: Jurnal Bahasa dan Sastra, Vol. 18 Nomor 1.

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. (2018). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. . Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Isodarus., P. P. (2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks. Sintesis: Jurnal Ilmiah Kebudayaan. Volume 11 Nomor 1.

Kemendikbud. (2013). In Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. . (2017.). In Model silabus mata pelajaran sekolah menengah atas/madrasah Aliyah (SMA/MA). Jakarta: Kemendikbud. .

Nurhadi, D. (2017). Struktur Teks Karangan Bahasa Jepang: Analisis pada karangan mahasiswa angkatan 2013. Paramasastra: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra dan Pembelajarannya, Volume 4 Nomor 1.

P, D. B. (2018). Sejarah Revolusi Industri 1.0 Hingga 4.0. Retrieved from otomasi.sv.ugm.ac.id:http://otomasi.sv.ugm.ac.id/2018/10/09/sejarah-revolusi-in dustri-1-0-hingga-4-0/

Print, M. (1993). Curriculum Development and Designs. USA: Allen & Unwin. Richard, J. C. (2001). The Origins of Language Curriculum Development. USA: Cambridge University.

Saragih, A. (2019. ). “Functional Grammatics”. Workshop Penulisan Disertasi . Padang.: Universitas Negeri Padang.

The Japan Foundation. (2017). In JF Standard bagi Pendidikan Bahasa Jepang: Petunjuk Pemakaian bagi Pengguna. Saitama: The Japan Foundation.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-20