PROSPEK PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DI INDONESIA
Kata Kunci:
keterampilan bahasa Jepang, Nouken N4, masalah, prospek, non-dikAbstrak
Penyelenggaraan pendidikan BJ di Indonesia sudah berjalan cukup lama dan dapat dikatakan paling tua di Asia Tenggara. Saat ini Indonesia menduduki peringkat II setelah Cina dalam hal jumlah pembelajar BJ-nya. Namun masih banyak masalah yang harus dibenahi, di antaranya menyangkut kualitas dan lapangan pekerjaan para lulusannya.
Salah satu cara untuk membuka kesempatan lapangan kerja adalah program pengiriman tenaga kerja Indonesia ke Jepang (ginou jisshuusei) pada berbagai bidang, dan harus memiliki keterampilan berbahasa Jepang N4 sebagai syarat awalnya. Dengan program ini penyerapan lulusan BJ dan peningkatan kualitas pendidikan BJ di Indonesia akan meningkat, ditambah program perbaikan ekonomi dan revolusi mental pun dapat diwujudkan.
Referensi
The Japan Foundation. 2015. 2015 nendo Nihongo Kyouiku Kikan Chousa Kekka.
Tersedia di: https://www.jpf.go.jp/j/project/japanese/survey/area/country/2017/indonesia.html (2019/6/13)
Sutedi, Dedi, dkk. 2016. ‘Japanese Language Teaching Issues ini Indonesia’s Teacher Training Institute (Survel of Japanese Language Study Program in Indonesia Public University)’. Proceeding International Seminar on Japanese Education and Linguistic, pp. 7-25.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Dedi Sutedi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.