On Line Role Play dalam Pembelajaran Kaiwa dengan Pemahaman Antarbudaya

Penulis

  • Sonda Sanjaya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Kata Kunci:

On line, role play, kaiwa, pemahaman antarbudaya

Abstrak

Pandemi Covid 19 berdampak besar terhadap perubahan stretegi pembelajaran bahasa Jepang..Akan tetapi, hal tersebut menjadi katalis dalam optimalisasi penggunaan media digital atau ICT dalam pembelajaran bahasa Jepang, termasuk pembelajaran Kaiwa. On line role play selain sebagai strategi pembelajaran Kaiwa dengan pemanfaat ICT menjadi salah satu strategi atau teknik pembelajaran Kaiwa yang efektif dan menyenangkan juga dapat digunakan untuk mendalami pemahaman antarbudaya (Jepang dan Indonesia) jika dilakukan pemelajar bahasa Jepang dengan penutur asli bahasa Jepang dengan suatu seting.

Referensi

Bahriyeva, Nargiza. (2021). Teaching a language through role-play. Linguistics and Culture Review, 5(S1), 1582-1587. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5nS1.1745

Darmastuti, Rini. (2013). Mindfulness dalam Komunikasi Antarbudaya. Yogyakarta: Buku Litera.

Fadilah, F. (2016). Teaching speaking by role-play activity. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 10(2), 209-216.

Ishii, Satoshi., Kumei, Terumoto. (2013). Ibunka Komyunikeeshon Kenkyuu Houhou. Tokyo: Yuhikaku.

Kobayashi, Mina. (2019). Nihongo Kyoiku Yoku Wakaru Kyoujuhou. Tokyo: Alc Press.

Martin, J. N., & Nakayama, T. K. (2004). Intercultural Communication in Context. New York: McGraw-Hill.

Mori, Atsushi., Ota, Yukiko., Koguchi, Yukiko., Shima, Chiharu., Nakaishi Yuko., Yanagida Naomi. (2019). Choukiso Nihongo Kyouiku. Tokyo: Kuroshio.

Russell, C., & Shepherd, J. (2010). Online roleplay environments for higher education. British Journal of Educational Technology, 41(6), 992-1002.

Salies, T. G. (1995). Teaching Language Realistically: Role Play Is the Thing.

Sihabudin, A. (2013). Komunikasi Antarbudaya Satu Perspektif Multidimensi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sukmono, F. G., Junaedi, F. (2014). Komunikasi Multikultur Melihat Multikulturalisme dalam Genggaman Media. Yogyakarta: Buku Litera.

Takamizawa, Hajime. (2016). Shin Hajimete no Nihongo Kyouiku 2 (Zouho Kaiteiban) Nihongo Kyoujuhou Nyuumon. Tokyo: Ask.

The Japan Foundation. (2017). JF Standard for Japanese-Language Education Guidebook for Use. Saitama: The Japan Foundation.

The Japan Foundation (2013). Survey Report on Japanese-Language Education Abroad 2012. Tokyo: The Japan Foundation.

The Japan Foundation (2023). Survey Report on Japanese-Language Education Abroad 2021. Tokyo: The Japan Foundation.

Yanagi, Yoshikazu. (2016). The Present Situation and The Future Prospects for the Utilization of ICT in Foreign Language Education. Nagoya Gakuin Daigaku Ronshuu Gengo Bunkahen 28(1) pp 9-19.

Zhao, Ling Mei. (2014). Wadai Sentaku Sukiima to Sutoratejii no Nicchuu Taishou Kenkyuu: Shotaimen Kaiwa Deeta wo Mochiite. Kokusai Bunka Kenkyuu (20) pp 145-157.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-01