Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Jepang kurikulum Merdeka
Abstrak
Digitalisasi pendidikan merupakan pendayagunaan teknologi sebagai aspek dalam sistem pembelajaran, mulai dari metode pembelajaran, rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi serta asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Dewasa ini, perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang sangat besar pada inovasi dunia pendidikan. Digitalisasi sekolah adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan pendidikan yang lebih menarik dan inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita dapat merangsang semangat belajar dan memberikan akses pendidikan yang lebih luasMetode Pembelajaran Berbasis Teknologi (Technology-Based Learning) adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat utama dalam proses pembelajaran. Metode ini melibatkan penggunaan perangkat elektronik, perangkat lunak, aplikasi, platform online, dan sumber daya digital lainnya untuk menyampaikan materi pembelajaran, berinteraksi, dan berkolaborasi antara guru dan siswa.
Referensi
Ali, M. dan H. F. (2021). Transformasi dan Digitalisasi Pendidikan Di masa Pandemi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 121–127. Tersedia pada https://jurnal.univpgripalembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5498 (diakses 8 Agustus 2021).
Kemendikbudristek. 2021. Presentasi Sosialisasi Kurikulum Merdeka. Jakarta : Kemendikbudristek
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2021. Paparan Pembelajaran Paradigma Baru . Jakarta : Kemendikbudristek
SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.008/H/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka.
SK Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No.009/H/KR/2022 tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
Amin. 2009. Pembelajaran Berdiferensiasi: Alternatif Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Berbakat. Edukasi, volume 1, No.1. [Online] Tersedia http://www.ejournalunisma.net/ojs/index.php/edukasi/article/download/108/103 [11 September 2013]
Angga, dkk. 2022. “Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar”. Jurnal Basicedu. Vol. 6, No 4. Halaman 5877- 5889.
Aransyah, A., dkk. 2023. "Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung". Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran. Vol. 8, No 1, Halaman 136-147.
Ari, A., dkk. 2023. "Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP". Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 5, No. 1. Halaman 1707–1715.
Aulia, D., dkk. 2022. "Penerapan Kurikulum Merdeka di SMP". Manajemen Administrasi Sekolah-AKWF2305. Vol. 1, No. 1. Halaman 67–78.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Imelda Fatmawati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.