Penggunaan Media Memo Ring Note Book Sebagai Alternatif Pembelajaran Hiragana

Penulis

  • Rosyane Firdausyah Universitas Negeri Padang
  • Rita Arni Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Pembelajaran, Memo Ring Note Book, Hiragana.

Abstrak

Hiragana adalah salah satu huruf yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh pemelajar bahasa Jepang. Namun, pada proses pembelajarannya terdapat permasalahan yang seringkali terjadi, seperti kesulitan mengingat hiragana dikarenakan hiragana memiliki jumlah huruf yang lebih banyak dibandingkan huruf latin. Selain itu, hiragana memiliki bentuk yang mirip satu sama lain, dan dalam penulisan hiragana harus sesuai dengan urutan guratan penulisannya. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan media ajar yang lebih bervariasi agar pemelajar bahasa Jepang lebih mudah memahami hiragana. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media grafis dengan memanfaatkan media memo ring note book. Pada artikel ini bertujuan untuk memaparkan: (1) Media memo ring note book, (2) Proses pembuatan media memo ring note book, (3) Cara penggunaan media memo ring note book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini dapat membantu pemelajar bahasa Jepang mengatasi permasalahannya ketika mempelajari hiragana.

Referensi

Fadilah, A., & Rahmalina, R. (2022). Efektivitas media flash card terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa SMA di kota Padang Panjang. Omiyage: Jurnal Bahasa Dan Pembelajaran Bahasa Jepang, 5(1), 56–66.

Nurlan, F. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Parepare: CV. Pilar Nusantara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahyuni, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyyah Melalui Permainan Kartu Huruf Pada Siswa Di SDN Beningan Kabupaten Magelang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-01