Evaluasi Terhadap Buku Teks Nihongo Yasashii Sakubun

Penulis

  • Hendri Zalman Universitas Negeri Padang
  • Umi Handayani Universitas Ngudi Waluyo
  • Maulluddul Haq Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Evaluasi, Buku Teks, Nihongo Yasashii Sakubun, Dosen Pengampu.

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya penelitian evaluasi terhadap metodologi pembelajaran, khusus evaluasi terhadap buku teks yang digunakan di dalam pembelajaran bahasa Jepang di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi yang dilakukan oleh seorang dosen pengampu mata kuliah Sakubun terhadap buku teks yang dia gunakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk memperkuat analisis, data kualitatif yang dikumpulkan dengan menggunakan angket diolah secara kuantitatif dengan menggunakan skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara keseluruhan, buku teks Nihongo Yasashii Sakubun mendapatkan penilaian dengan persentase 52% (dapat dikategorikan baik), 2) dari 7 indikator yang dievaluasi (indikator 1 = aims and approachs, indikator 2 = design and organisasion, indikator 3 = language and content, indikator 4 = skills, indikator 5 = topics, indikator 6 = methodology, indikator 7 = teachers books, indikator 8 = practical considerations), indikator 5, 6, dan 7 perlu untuk diperbaiki/dikembangkan karena hasil evaluasi menunjukkan nilai di bawah 50%.

Referensi

I.S.P. Nation & Macalister, J. (Language Curriculum Design). 2010. London: Routledge.

Print, M. (1993). Curriculum Development and Designs. USA: Allen & Unwin.

Richard, J. C. (2001). The Origins of Language Curriculum Development. USA: Cambridge University.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Zalman, H. (2021). The Implementation of the Result of Error Analysis on Writing Kata Kana to Kata Kana Learning Instructional. 4th International Conference on Language, Literature, and Education (ICLLE-4 2021) (pp. 120-125). Padang: Atlantis Press.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-01