PENGUASAAN MEMBACA HIRAGANA PADA MAHASISWA MKU BAHASA JEPANG UNP
Kata Kunci:
Penguasaan, Membaca, HiraganaAbstrak
Penelitian ini membahas tentang penguasaan membaca hiragana mahasiswa MKU bahasa Jepang UNP. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan penguasaan membaca huruf hiragana pada mahasiswa MKU bahasa Jepang UNP. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan instrumen berupa tes. Subjek penelitian ini adalah 40 orang mahasiswa MKU bahasa Jepang UNP yang mengambil mata kuliah MKU bahasa Jepang di semester Januari - Juni 2020. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa penguasaan membaca hiragana mahasiswa MKU bahasa Jepang secara umum dikategorikan “cukup” dengan rata-rata 59,40%.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Dahidi, Ahmad dan Sudjianto.( 2012). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.
Matsumoto. (2016). The Japan Foundation Teaching Japanese Series 3 “Teaching Characters And Vocabulary. Hitsuji : Shobou.
Sugiono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sutedi, Dedi. (2011). Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung : UPI Press Dengan Humaniora Utama Press.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Rita Arni

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.