EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN VOICE NOTE DI AKPAR BSI BANDUNG
Kata Kunci:
pandemi, pembelajaran bahasa Jepang, evaluasi, voice noteAbstrak
Saat ini Indonesia sedang mengalami masa pandemi dikarenakan adanya virus Covid-19. Hal ini berpengaruh ke semua sektor kehidupan, begitupun sektor pendidikan. Mulai dari pendidikan usia dini sampai pendidikan tinggi dilarang untuk melaksanakan pembelajaran secara langsung atau tatap muka. Semua sektor pendidikan diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah secara daring. Pada masa pandemi ini pembelajaran dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom untuk penjelasan materi. Sedangkan untuk evaluasi pembelajaran menggunakan voice note di aplikasi WhatsApp. Mahasiswa diwajibkan mengikuti materi sampai selesai, lalu di akhir pembelajaran mahasiswa mengirimkan voice note sesuai tugas yang diberikan dosen. Jenis penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian deskriptif dengan metode survey. Instrumen pengumpulan data menggunakan google form dan yang menjadi subjek penelitian adalah mahasiswa semester 5 Akpar BSI Bandung yang berjumlah 19 orang.Hasil dari penelitian ini, yaitu; 1) Pembelajaran bahasa Jepang di Akpar BSI Bandung selama masa pandemi ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom; 2) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan cara mahasiswa mengirimkan tugas yang diberikan menggunakan fitur voice note yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp; dan 3) Mahasiswa beranggapan dilaksanakannya evaluasi pembelajaran menggunakan voice notemembuat mahasiswa bisa belajar pengucapan kalimat Bahasa Jepang dengan baik
Referensi
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).
Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).
Syamsuddin. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PT Rosdakarya
Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Willma Fauzzia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.