EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG MENGGUNAKAN VOICE NOTE DI AKPAR BSI BANDUNG

Penulis

  • Willma Fauzzia Akpar BSI Bandung

Kata Kunci:

pandemi, pembelajaran bahasa Jepang, evaluasi, voice note

Abstrak

Saat ini Indonesia sedang mengalami masa pandemi dikarenakan adanya virus Covid-19. Hal ini berpengaruh ke semua sektor kehidupan, begitupun sektor pendidikan. Mulai dari pendidikan usia dini sampai pendidikan tinggi dilarang untuk melaksanakan pembelajaran secara langsung atau tatap muka. Semua sektor pendidikan diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah secara daring. Pada masa pandemi ini pembelajaran dilaksanakan secara  daring  menggunakan  aplikasi  zoom  untuk  penjelasan  materi.  Sedangkan  untuk evaluasi   pembelajaran  menggunakan   voice   note   di   aplikasi   WhatsApp.  Mahasiswa diwajibkan mengikuti materi sampai selesai, lalu di akhir pembelajaran mahasiswa mengirimkan voice note sesuai tugas yang diberikan dosen. Jenis penelitian  yang  digunakan yaitu   jenis   penelitian   deskriptif   dengan   metode survey. Instrumen   pengumpulan   data menggunakan   google form   dan   yang   menjadi   subjek   penelitian adalah   mahasiswa semester 5 Akpar BSI Bandung yang berjumlah 19 orang.Hasil  dari  penelitian  ini,  yaitu; 1)  Pembelajaran     bahasa  Jepang  di  Akpar  BSI  Bandung  selama  masa  pandemi  ini dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom;     2)     Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan cara mahasiswa mengirimkan tugas yang diberikan menggunakan fitur voice note yang terdapat dalam aplikasi WhatsApp; dan 3) Mahasiswa beranggapan dilaksanakannya evaluasi pembelajaran menggunakan voice notemembuat mahasiswa bisa belajar pengucapan kalimat Bahasa Jepang dengan baik

Referensi

Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting untuk Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. JIPMat, 5(1).

Syamsuddin. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung : PT Rosdakarya

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. COVID-19: Perspektif Pendidikan, 35.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-05