KESALAHAN GRAFOLOGIS HURUF HIRAGANA PADA PEMBELAJAR BAHASA JEPANG PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS NEGERI PADANG

Penulis

  • Reny Rahmalina Universitas Negeri Padang
  • Rahmi Oktayory Wikarya Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Kesalahan Grafologis, Huruf Hiragana, Pendidikan Bahasa Jepang

Abstrak

Bagi pembelajar bahasa Jepang, tulisan merupakan hal yang penting. Tulisan hiragana merupakan huruf yang dipelajari di awal pembelajaran bahasa Jepang. Penelitian ini berawal dari terjadinya banyak kesalahan penulisan huruf hiragana yang terjadi pada mahasiswa prodi pendidikan bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Kesalahan ini jika tidak ditanggulangi denan segera maka akan berlanjut hingga mereka nantinya turun ke dalam masyarakat terutama didunia pendidikan. Pengajaran yang diberikan akan selalu salah kepada peserta didik mereka. Metode yang digunakan pada penelitian ini ialah observasi, tes dan wawancara. Adapun hasil yang didapat ialah menunjukkan masih sangat banyak terjadi kesalahan grafologis huruf hiragana pada mahasiswa tingkat awal dan sedikit pada mahasiswa tingkat akhir. Penyebab terjadinya kesalahan grafologis yang dilakukan mahasiswa dikarenakan beberapa  faktor,  diantaranya  kurangnya latihan,  tidak  teliti  saat  menulis,  masih  bingung dengan cara penulisan huruf, dan tidak tahu sama sekali cara penulisan huruf hiragana yang baik dan benar.

Referensi

Nugraha, D. N. S., & Reyta, F. (2019). Modalitas Ganda Dalam Bahasa Inggris Dan Padanannya Dalam Bahasa Indonesia: Kajian Sintaksis Dan Semantik. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 3(1), 138-147.

Renariah, D., & Hum, M. (2002). Bahasa Jepang dan karakteristiknya. Jurnal Sastra Jepang Fakultas Sastra Universitas Kristen Maranatha, 1(2).

Istiqomah, D., Diner, L., & Wardhana, C. K. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Jepang Siswa SMK Bagimu Negeriku Semarang. Chi'e: Journal of Japanese Learning and Teaching, 4(1).

Amat, R., Sari, J. Y., & Ningrum, I. P. (2017). Implementasi metode local binary patterns untuk pengenalan pola huruf hiragana dan katakana pada smartphone. JUTI: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi, 15(2), 162-172.

Mardani, D. M. S. (2012). Pemanfaatan Media Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Hiragana dan Katakana. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(3).

Handoyo, E. D., & Susanto, L. W. (2011). Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan metode Propagasi Balik Dalam Pengenalan Tulisan Tangan Huruf Jepang Jenis Hiragana dan Katakana. Jurnal Informatika, 7(1), 39-55.

Nurhidayah, Y. (2015). Efektivitas Permainan Read Or Punishment Dengan Teknik Team Games Tournament Dalam Meningkatkan Penguasaan Huruf Hiragana Kelas X Bahasa Sma Negeri 12 Semarang (Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Nawangsasi, E. (2015). Analisis Kesalahan Berbahasa Mahasiswa S1 Manajemen Tahun2011 STIE AUB Surakarta. ProBank, 1(1), 161733.

Hasanudin, C. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Pada Penulisan Media Luar Ruang DiKabupaten bojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra UPI, 17(1), 120-129.

Prastuti, W. E. (2018). Analisis Kesalahan Ortografis Dan Sintaksis Pada Karangan Teks Eksposisi Siswa Kelas X Mipa Sma Negeri 1 Sokaraja Tahun Pelajaran 2017-2018 (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Purwokerto).

Ayuningsih, F. D. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Pengalaman Pribadi Siswa Kelas XA SMK Batik 2 Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Saadah, F. (2016). Analisis kesalahan berbahasa dan peranannya dalam pembelajaran bahasa asing. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(1).

Yani, D. (2019). Analisis Kesalahan Penulisan Gairaigo pada Mahasiswa Tingkat II Tahun Ajaran 2017/2018 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Padang. Journal of Japanese Language Education and Linguistics, 3(2), 111-128.

Yuwono, U., & Lauder, M. R. (Eds.). (2005). Pesona bahasa: langkah awal memahami linguistik. Gramedia Pustaka Utama.

Pratiwi, I. W. (2015). Efektivitas Permainan Binggo Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca HurufHiragana di SMA PGRI 1 Temanggung (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Sunarti, R. R., & Damhudi, D. (2016). Aplikasi Pembelajaran Huruf Hiragana dan Katakana Dilengkapi dengan Suara Berbasis Android. Jurnal Sains, Teknologi dan Industri Vol. 14 No. 1. Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia. Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Yani, E., & Kurniadi, D. (2015). Perancangan Arsitektur Untuk Pendukung Pengambilan Keputusan Pemilihan Program Studi Perguruan Tinggi Menggunakan Differential Aptitude Test (DAT). Jurnal Wawasan Ilmiah, 7(12).

Nasution, H. F. (2016). Instrumen penelitian dan urgensinya dalam penelitian kuantitatif. Al- Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman, 4(1), 59-75.

Na'imi, M. (2014). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Bio-Entrepreneurship (BEP) Berbasis Eksperimen Terhadap Minat Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Materi Bioteknologi (Doctoral dissertation, IAIN Palangka Raya).

Raslimin, W. O. (2018). Penerapan Sikap Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Mtsn I Wakatobi. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 115-135.

Zulkarnain, I. A. (2019). Pembuatan Video Profil Menggunakan Flat Animation Sebagai Media Promosi Pada Developer Aplikasi Protokol. Journal Speed–Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 11(2), 1-4.

Artajaya, G. S., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2014). Analisis Hermeneutik Nilai-nilai Pendidikan Karakter pada Kumpulan Cerpen Karya Ib Widiasa Keniten sebagai Salah Satu Alternatif Bahan Pembelajaran Cerpen Kelas XI SMA Negeri 4 Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 3(1).

Martono, N. (2010). Metode penelitian kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder (sampel halaman gratis). RajaGrafindo Persada.

Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-05