Analisis Kebutuhan Mahasiswa Terhadap Kamus Kanji Bergambar Dalam Mata Kuliah Shokyu Moji Goi
Kata Kunci:
Analisis Kebutuhan, Bahan Ajar, KanjiAbstrak
Meskipun sudah banyak kamus kanji bahasa Jepang, namun belum ditemukan kamuskanji bergambar yang membantu mahasiswa dalam mengingat kanji. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kebutuhan mahasiswa terhadap bahan ajar berbentuk kamus kanji bergambar yang diperlukan pada mata kuliah shokyu moji goi. Penelitian ini merupakan penelitian desktiptif eksploratif dengan subjek penelitian mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jepang angkatan 2018 Universitas Negeri Padang yang telah mengambil mata kuliah shokyu moji goi kohan (60 orang mahasiswa). Sampel yang digunakan untuk penelitian ini diambil secara acak dengan total sampel sebanyak 25 orang mahasiswa. Data penelitian diperoleh melalui angket kebutuhan terhadap kamus kanji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kamus kanji pada perkuliahan shokyu moji goi belum dapat membantu mahasiswa sepenuhnya dalam mengingat kanji, dan (2) mahasiswa membutuhkan bahan ajar dalam bentuk kamuskanji bergambar yang mampu membantu mahasiswa dalam mengingat kanji, baik dalam hal membaca maupun menulis kanji.
Referensi
Arief S Sadiman, dkk. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:
Asdi Mahasatya Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Cv Tambak Kusuma Persada
Kristanto. (2011). Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif:. Yogyakarta: Diva Press
Sudjianto, Dahidi Ahmad. 2004. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Kesaint Blanc.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nova Yulia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.