GENERASI Z DAN PERKULIAHAN BAHASA JEPANG BERBASIS DARING
Kata Kunci:
Generasi Z, Perkuliahan Bahasa Jepang Berbasis DaringAbstrak
Mata kuliah yang menjadi fokus pada perkuliahan berbasis daring dalam makalah ini adalah mata kuliah Bahasa Jepang II (日本語二) yang terdiri atas 2 SKS dengan kode mata kuliah WKB 235, diajarkan pada semester 2 di Program Studi D4 Usaha Perjalanan Wisata Sekolah Tinggi Ilmu Pariwisata Manado. Fokus juga dilakukan pada mata kuliah Kankou Nihongo (観光日本語) kode mata kuliah MBB75536 dan mata kuliah Hoteru Nihongo (ホテル日本語) kode mata kuliah MBB75546 yang masing-masing terdiri atas 2 SKS, diajarkan pada semester 6 di Jurusan S1 Sastra Jepang Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing Bumi Beringin Manado. Berdasarkan hasil observasi didukung oleh chart rentang waktu kelahiran yang diisi responden melalui sebaran angket/kuesioner via google form, teori generasi Z, tabel pengelompokan generasi, hingga karakteristik generasi dapat disimpulkan bahwa para responden dalam makalah ini tergolong dalam generasi Z
Referensi
Singh, A.P and Dangmei, J. 2016. Understanding the Generation Z, the Future Workforce. South-Asian Journal of Multidisciplinary Studies.3(3), pp.1-5.
Li et al. 2020.Coronavirus Infections and Immune Responses.Journal of Medical Virology, 92, 424-432.
Putra, Y.S. 2016. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Jurnal Among Makarti, Vol.9, No.18, 123-134.
Rachmawati, Dewi. 2019. Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di Dunia Kerja). Proceeding Indonesia Career Center Network Summit IV .Diakses online pada tanggal 16 Agustus 2020.
Susanto, Wahyu. 2020. LLDikti Wilayah IX Sulawesi Imbau PTS Perpanjang Kuliah Daring. https://makassar.tribunnews.com/2020/03/29/lldikti-wilayah-ix-sulawesi-imbau-pts-perpanjang-kuliah-daring?page=2. Diakses online pada tanggal 16 Agustus 2020.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nardiansyah Kamumu
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.