KONTRIBUSI LITERASI INFORMASI TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FBS UNP: Studi Kasus Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sakubun

Penulis

  • Hendri Zalman Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

kontribusi, literasi informasi, kompetensi

Abstrak

Artikel ini dilatarbelakangi oleh isu tentang literasi informasi yang dipercaya dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Tujuan artikel ini adalah untuk melihat bagaimana  kontribusi  literasi  informasi  terhadap  kompetensi  mahasiswa  bahasa Jepang.   Metode   penelitian   yang   digunakan   adalah   metode   kuantitatif   dengan pendekatan  deskriptif.  Hasil  penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  aktivitas  literasi informasi belum berkontribusi secara maksimal terhadap kemampuan mahasiswa.

Referensi

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. (2018). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.

Mitsumoto, T. (2014). Metode Pembelajaran Bahasa Asing dan Pendidikan Karakter di Jepang. ISLA . Padang: FBS UNP.

P., S. H. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, Volume 2 Nomor 2, 117-128.

Richard, J. C. (2001). The Origins of Language Curriculum Development. USA: Cambridge University.

Ritcie, M. (2011). Developing Sociolinguistic Competence Through Intercultural Online Exchange. In S. T. Bradley, Second Language Teaching and Learning with Technology: Views of Emergent Researchears (pp. 123-141). Dublin: Research-publishing.net.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-05