KONTRIBUSI LITERASI INFORMASI TERHADAP KOMPETENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FBS UNP: Studi Kasus Pada Mahasiswa Yang Kuliah Sakubun
Kata Kunci:
kontribusi, literasi informasi, kompetensiAbstrak
Artikel ini dilatarbelakangi oleh isu tentang literasi informasi yang dipercaya dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Tujuan artikel ini adalah untuk melihat bagaimana kontribusi literasi informasi terhadap kompetensi mahasiswa bahasa Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas literasi informasi belum berkontribusi secara maksimal terhadap kemampuan mahasiswa.
Referensi
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. (2018). Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas /Madrasah Aliyah. Jakarta: Kemendikbud.
Mitsumoto, T. (2014). Metode Pembelajaran Bahasa Asing dan Pendidikan Karakter di Jepang. ISLA . Padang: FBS UNP.
P., S. H. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, Volume 2 Nomor 2, 117-128.
Richard, J. C. (2001). The Origins of Language Curriculum Development. USA: Cambridge University.
Ritcie, M. (2011). Developing Sociolinguistic Competence Through Intercultural Online Exchange. In S. T. Bradley, Second Language Teaching and Learning with Technology: Views of Emergent Researchears (pp. 123-141). Dublin: Research-publishing.net.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Hendri Zalman

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.