PERSEPSI GURU BAHASA JEPANG TERHADAP PELATIHAN PEMBUATAN BUKU TADOKU BAHASA JEPANG
Kata Kunci:
Tadoku, bahasa jepang, persepsi guruAbstrak
Telah dilakukan kegiatan pelatihan pembuatan buku bahasa Jepang Tadoku serta pengenalan pendekatan tadoku dalam pembelajaran bahasa Jepang kepada forum musyawarah guru matapelajaran (MGMP) Bahasa JepangKabupatenAgam Sumatera Barat. Tujuan dari penelitian inia dalahu untuk mengetahui persepsi guru-guru bahasa Jepang terhadap pendekatan tadoku dalam pembelajaran bahasa Jepang serta pesepsi terhadap pelatihan pembuatan buku Tadoku. Angket diberikan kepada 7 guru bahasa Jepang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mempunyai persepsi yang positif mengenai tadoku dan terhadap pelatihan pembuatan buku, seperti sebagai tadoku sebagai variasi pembelajaran, dapat meningkatkan kemampuan bahasa Jepang dan pengetahuan siswa tentang Jepang, memberikan wawasan dan inspirasi bagi guru untuk menghasilkan karya tulisan dan untuk menciptakan pembelajaran bahasa Jepang yang menarik. Kendala yang akan muncul dalam penerapan tadoku adalah alokasi waktu, kemampuan siswa untuk membaca huruf, dan ketersedian buku.
Referensi
The Japan Foundation. 2017. Kaigai no Nihongo kyouiku no joukyou 2016 nendo- Nihongo kyouiku kikan chousa yori. Japan. Kuroshio Shuppan.
Pigada, M, dan NorbertSchmitt (2006). Vocabulary acquisition from extensive reading: A case study. Reading in a foreign language. Vol 18. No.1 April 2006. ISSN 1539-0578
Alyousef , H.S. 2006. Teaching Reading Comprehension to ESL/EFL Learners: Journal of Language and Learning 5 (2), 63-73
Sakuta, N. 2017. Daigaku de Jicchisuru Nihongo Tadoku Jugyou no Jissai –Jissen Houkoku-Nihongo no Tadoku no Kouka no Kensho to Gakushu moderu e no Ichiduke – Seika hokokusho.29-34. Maret 2018.
Awano, M & Kawamoto, K. 2012. Nihongo Kyoshi no tame no Tadoku Jugyou Nyumon AkusuShuppan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Maulluddul Haq, Reny Rahmalina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.