EFEKTIFITAS MEDIA ZOOM UNTUK PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAHASA JEPANG

Penulis

  • Lussy Novarida Ridwan SMA Negeri 1 Yogyakarta

Kata Kunci:

aplikasi Zoom, bahasa Jepang, daring, fitur, pembelajaran

Abstrak

Permasalahan umum yang dihadapi terkait dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh secara daring adalah siswa kurang semangat, kurang interaktif, konsentrasi tidak maksimal, gangguan kualitas komunikasi, serta ketidakdisiplinan siswa. Untuk mengatasi atau meminimalkan permasalahan, maka guru harus menetapkan tujuan dan sasaran pembelajaran yang perlu disampaikan kepada dan dimengerti dengan baik oleh siswa, kemudian merancang metode pembelajaran daring yang ringan dan efektif dengan memanfaatkan perangkat atau media daring yang tepat. Pengalaman penggunaan media aplikasi Zoom untuk pembelajaran jarak  jauh  Bahasa  Jepang  di  SMA  Negeri  1  Yogyakarta  menunjukkan  efektifitas  dalam mencapai tujuan dan sasaran pembelajaran. Fitur-fitur yang digunakan meliputi whiteboard, breakout room, share screen, recording, raise hand/ thumb, chat room, polling. Siswa dibagi dalam tiga grup utama sesuai sasaran level JLPT, yakni N3, N4 dan N5. Hasil pengolahan angket tentang tanggapan siswa terhadap penggunaan media Zoom menunjukkan bahwa keragaman fitur merupakan hal paling positif yang disukai oleh siswa (68,3%), pembelajaran dapat berlangsung dengan jelas (42%) atau sangat jelas (21%), 98,3% siswa berpendapat bahwa pembelajaran menyenangkan karena interaktif (28,3%), memudahkan pemahaman (43,3%) dan fitur lengkap (28,3%). Tingkat pemahaman yang dapat dicapai adalah minimum 85% pada 66,7% siswa, 90% pada 8,3% siswa, 95% pada 8,3% siswa, dan 100% pada 16,7% siswa

Referensi

Lussy Novarida Ridwan, Yamazaki. (2013). Hirakata, Penerbit Galang Pustaka.

Lussy Novarida Ridwan. Yamazaki. (2013). Belajar Bahasa Jepang Dengan Mudah Melalui Bacaan, PenerbitAndi.

Noriko Matsumoto, Hitoko Sasaki. (2015). にほんご 500 問 N4 - N5, Ask Publisher. スリーエネットワーク. (2012). みんなの日本語 初級 I, 3A Coorperation Japan. スリーエネットワーク.(2013). みんなの日本語 初級 II, 3A Coorperation Japan. 市川他. (2010). 合格できる日本語能力N4・N5, アルク株式会社.清水知子他. (2014). ゼッタイ合格 日本語能力試験 完全模式 N4, Jリサーチ出版

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan

Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

https://assets.media-platform.com/bi/dist/images/2020/05/10/slide.png https://www.tabloidbintang.com/lirik-lagu/read/1017/lirik-lagu-moshimo-mata-itsuka- mungkin-nanti-ariel-noah-feat-ariel-nidji

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-05