Pembelajaran Bunpo Berbasis Daring Optimalisasi Media PPT pada Mata Kuliah Chukyu Bunpo Zenhan
Kata Kunci:
Bunpo, Pembelajaran daring, optimalisasi, PPT, Chukyu Bunpo ZenhanAbstrak
Bunpo pada artikel ini merupakan kaidah-kaidah atau ketentuan yang digunakan pada saat membuat kalimat yang benar pada sebuah bahasa. Dalam bahasa Indonesia Bunpo berarti tata bahasa. Pada pembelajaran luring kaidah ini bisa dipelajari secara langsung melalui pengajar. Sedangkan pada pembelajaran daring penjelasan secara langsung sulit dilakukan tanpa menggunakan media. Dalam bunpo wo oshieru pembelajaran bunpo difokuskan kepada3 hal , yang harus dijelaskan dalam waktu bersamaan. Tantangan belajar bunpo dirasakan mahasiwa. Meskipun mereka merasa materi ini penting, tetapi jika media tidak mendukung, maka pembelajar akan mengalami penuruanan motivasi belajar. PPT yang pada pembelajaran luring, hanya digunakan untuk menampilkan slide-slide saja, sekarang bisa kita optimalkan penggunaan untuk pembelajaran daring. Dengan mengoptimalkan media PPT 2019 memanfaatkan fitur rekam narasi untuk slide-slide yang dirasa perlu untuk diberikan penjelasan. Pemanfaatan fitur narasi ini digunakan di mata kuliah Chukyu Bunpo Zenhan dengan total 63 mahasiswa. Media ini mendapat respon baik dari mahasiswa. 90,7 % mahasiswa merasakan peningkatan minat belajar bunpo secara daring. Dengan menggunakan media ini materi pembelajaran lebih mudah dipahami, praktis, bisa diulang-ulang, bisa diputar kapan saja, tidak membosankan, dan juga tidak terkendala dengan jaringan dan lebih interaktif.
Referensi
Jennah, Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Palangka Raya. Antasari Press
Nurohman, Sabar. (2010). Optimalisasi Pemanfaatan MS Power Point 2007 sebagai media pembelajaran berbasis ICT untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran. Pada “Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran berbasis ICT untuk mahasiswa PPG Basic Science FMIPA UNY”.
Setiawan, Ebta. (2019). KBBI Daring Edisi III. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. Pusat Bahasa.
Suyono, Gesang Kritiano Nugroho. (2012). Optimalisasi Microsoft Office Powerpoint 2010 Dalam Pembuatan Media Interaktif Penggandaan Dokumen Untuk Program Keahlian Administrasi Perkantoran Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1. Jurnal Speed – Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi Volume 4 No 2. 29-37.
Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020. Surat Edaran Rektor UNP No 1593/UN35/AK/2020.
Yasue, Kodama, dkk. (2010). Kokusai Kouryu Kikin Nihongo Kyoujuhou Shirizu – Dai 4 maki “Bunpo wo Oshieru”. Tokyo. The Japan Foundation.
Yetti, Lina Budi Asih. (2016). Optimalisasi Penggunaan Median Power Point dalam Upaya Meningkatkan Aktvitas dan Prestasi Belajar IPA Siswa elas IX-A SMP Negeri 11 Mataram. GaneC Swara Vol 10 No 1 Maret 2016. 27-34.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Prisyanti Suciaty

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.