PENGARUH KEGIATAN ORIGAMI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MOTORIK HALUS SISWA TAMAN KANAK-KANAK
Kata Kunci:
Origami, Keterampilan, Motorik HalusAbstrak
Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan origami untuk melatih keterampilan motorik halus siswa TK Permata Padang. Sampel penelitian berjumlah 27 siswa TK Permata Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel. Hasil perhitungan diperoleh Thitung 0 dan Ttabel 82 dengan taraf signifikansi 5%, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kegiatan origami terhadap keterampilan motorik halus pada siswa TK Permata Padang.
Referensi
Cindy Salsabilla. 2011. Seni Melipat Kertas Origami. Surabaya: Serba Jaya Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga J.Sentot Sunarwo. 2009. Origami. Surabaya: Karya Anda
Lumban Tobing, SM. 2001. Anak dengan Mental Terbelakang. Jakarta: FKUI
Muhammad Efendi. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bumi Aksara
Ratih Zimmer Gandasetiawan. 2009. Mengoptimalkan IQ & EQ Anak melalui Metode Sensomotorik. Jakarta: Libri
Sumantri, MS. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Yudha M. Saputra & Rudyanto. 2005. Pembelajaran Komparatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Nova Yulia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.