PENGARUH KEGIATAN ORIGAMI UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MOTORIK HALUS SISWA TAMAN KANAK-KANAK

Penulis

  • Nova Yulia Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Origami, Keterampilan, Motorik Halus

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan origami untuk melatih keterampilan motorik halus siswa TK Permata Padang. Sampel penelitian berjumlah 27 siswa TK Permata Padang. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi dan metode dokumentasi. Teknik analisis  data  menggunakan  rumus  Wilcoxon  Match  Pairs  Test  dengan rumus  Thitung  <  Ttabel.  Hasil  perhitungan  diperoleh  Thitung    0  dan Ttabel   82   dengan   taraf   signifikansi   5%,   dengan   demikian   dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha tidak ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kegiatan origami terhadap keterampilan motorik halus pada siswa TK Permata Padang.

Referensi

Cindy Salsabilla. 2011. Seni Melipat Kertas Origami. Surabaya: Serba Jaya Elizabeth B. Hurlock. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga J.Sentot Sunarwo. 2009. Origami. Surabaya: Karya Anda

Lumban Tobing, SM. 2001. Anak dengan Mental Terbelakang. Jakarta: FKUI

Muhammad Efendi. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Bumi Aksara

Ratih Zimmer Gandasetiawan. 2009. Mengoptimalkan IQ & EQ Anak melalui Metode Sensomotorik. Jakarta: Libri

Sumantri, MS. 2005. Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Yudha M. Saputra & Rudyanto. 2005. Pembelajaran Komparatif untuk Meningkatkan Keterampilan Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-20