ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN CHUKYU KAIWA II DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING

Penulis

  • Rahtu Nila Sepni Universitas Andalas

Kata Kunci:

Asesmen, Metode pembelajaran, Blended learning, Chukyuu kaiwa II

Abstrak

Penelitian ini mendekripsikan cara penilaian atau asesmen dengan menggunakan metode blended learning. Blended learning penggabungan dua atau lebih metode pembelajaran. Pada penelitian ini metode pembalajaran yang digabungkan adalah metode pembelajaran tatap muka dan metode dalam jaringan. Permasalahan yang dipecahkan pada penelitian ini adalah bagaimana asesmen dan cara menghilangkan keterbatasan waktu ketika melakukan asesmen terhadap mahasiswa secara individu. Selain itu dibahas pula cara melakukan asesmen terhadap pelafalan dan intonasi mahasiswa. Untuk mengumpulkan data dilakukan metode eksperimen dan kuesioner. Melalui eksperimen dan kuesioner yang   diberlakukan   dikelas   diketahui   bahwa   nilai   yang dihasilkan tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan apabila dibandingkan dengan nilai di tahun sebelumnya. Keterbatasan  waktu  dalam  penilaian  diatasi  dengan penggunaan   beberapa   fitur   yang   terdapat   pada   moodle ilearning yaitu fitur quiz multiple choice, fitur quiz short answer fitur   chat,   fitur   matching,   dan       fitur   file   assignment. Selanjutnya untuk asesmen dalam bentuk tatap muka merupakan cara terbaik, untuk memberikan penilaian dan feedback pada bagian intonasi dan pelafalan.

Referensi

Fitriasari Putri, dkk. Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended learning pada Mata Kuliah Numerik, Jurnal Elemen, Volume 4 Nomor 1, Januari 2018 halaman 1 – 8.

Handoko, Waskito. (2018). Blended Learning Teori dan Penerapannya. Padang: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.

Khoiroh Ni’matul dkk. Pengaruh Model Pembelajran Blended learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 10, Nomor 2 September 2017, Halaman 97 – 110.

Kusumaningsih, Widya, lilik aryanto, Keefektifan Pembelajaran Blended learning Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 23 Nomor 1 April 2016 halaman 64-69.

Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.Yogyakarta: WacanaUniverity Press.

Internet: https://glossarium.org. diakses tgl 13 Oktober 2019 pukul 12.10

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-20