ASESMEN DALAM PEMBELAJARAN CHUKYU KAIWA II DENGAN MENGGUNAKAN MODEL BLENDED LEARNING
Kata Kunci:
Asesmen, Metode pembelajaran, Blended learning, Chukyuu kaiwa IIAbstrak
Penelitian ini mendekripsikan cara penilaian atau asesmen dengan menggunakan metode blended learning. Blended learning penggabungan dua atau lebih metode pembelajaran. Pada penelitian ini metode pembalajaran yang digabungkan adalah metode pembelajaran tatap muka dan metode dalam jaringan. Permasalahan yang dipecahkan pada penelitian ini adalah bagaimana asesmen dan cara menghilangkan keterbatasan waktu ketika melakukan asesmen terhadap mahasiswa secara individu. Selain itu dibahas pula cara melakukan asesmen terhadap pelafalan dan intonasi mahasiswa. Untuk mengumpulkan data dilakukan metode eksperimen dan kuesioner. Melalui eksperimen dan kuesioner yang diberlakukan dikelas diketahui bahwa nilai yang dihasilkan tidak menunjukkan peningkatan yang signifikan apabila dibandingkan dengan nilai di tahun sebelumnya. Keterbatasan waktu dalam penilaian diatasi dengan penggunaan beberapa fitur yang terdapat pada moodle ilearning yaitu fitur quiz multiple choice, fitur quiz short answer fitur chat, fitur matching, dan fitur file assignment. Selanjutnya untuk asesmen dalam bentuk tatap muka merupakan cara terbaik, untuk memberikan penilaian dan feedback pada bagian intonasi dan pelafalan.
Referensi
Fitriasari Putri, dkk. Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Blended learning pada Mata Kuliah Numerik, Jurnal Elemen, Volume 4 Nomor 1, Januari 2018 halaman 1 – 8.
Handoko, Waskito. (2018). Blended Learning Teori dan Penerapannya. Padang: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LPTIK) Universitas Andalas.
Khoiroh Ni’matul dkk. Pengaruh Model Pembelajran Blended learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Volume 10, Nomor 2 September 2017, Halaman 97 – 110.
Kusumaningsih, Widya, lilik aryanto, Keefektifan Pembelajaran Blended learning Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Matematika, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 23 Nomor 1 April 2016 halaman 64-69.
Sudaryanto. (1993). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.Yogyakarta: WacanaUniverity Press.
Internet: https://glossarium.org. diakses tgl 13 Oktober 2019 pukul 12.10
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Rahtu Nila Sepni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.