HIRAGANA GOI KARUTA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA DASAR BAHASA JEPANG

Penulis

  • Maulluddul Haq Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Pembelajaran Interaktif, Hiragana, Goi, Karuta.

Abstrak

Pengajar bahasa Jepang harus mampu menciptakan suasana  yang  menyenangkan  bagi siswa  dalam belajar agar meningkatkan  motivasi  dan  semangat  belajar  siswa.  Oleh karena itu pengajar dituntut untuk kreatif, salah satunya dengan cara menciptakan media pembelajaran yang interaktif. Akan tetapi,  guru  bahasa  Jepang  masih  hanya  menggunakan  teks book dalam mengajarkan sehingga membuat pembelajaran bahasa   Jepang   khususnya   pembelajaran   huruf   hiragana menjadi kurang menarik dan membuat motivasi siswa dan kemampuan siswa rendah. Beberapa cara yang dapat dilakukan adalah  dengan  menggunakan  media  hiragana  goi  karuta. Karuta adalah sejenis permainan yang membuat siswa termotivasi untuk belajar sekaligus berkompetisi dengan sesama siswa untuk mengambil kartu yang berisikan huruf dan kosakata hiragana dengan cepat dan tepat.

Referensi

Anam, A, N. 2014. Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Layanan Informasi Dengan Tehnik Game, Jurnal Ilmiah Pendidikan Bimbingan dan Konseling, 2 (1): 83-91.

Mudrikah, D. D, Kusrini, D. &Dahidi, A. 2017. Efektivitas Permainan Karuta Terhadap Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen Murni Terhadap Siswa Kelas X SMA Pasundan 8 Bandung. Edujapan. 2 (1): 130-137.

Nishigaki, C., Chujo, K. &Kato, C. (2008). Teaching daily life English vocabulary to junior and senior high school students with the relation to elementary school English. Chiba Daigaku Kyouiku-gakubu Kenkyu Kiyo, 56 (2): 301-316.

Saitama Prefecture Karuta Association.2010. Kyogi Karuta Handbook. Diterjemahkan oleh Mutsumi Y.Stone.

Tarigan. 2011. Pengajaran Kosakata. Bandung. Angkasa

Taynton, K,& Yamada, M. 2012. Using a Japanese Card Game Karuta to Enhance Listening and Speaking Skills in Japanese Learners of English. 四天王寺大学紀要 第 53 号. The Japan Foundation. 2008. The Japan Foundation Teaching Japanese Series 3. Teaching Characters and Vocabulary. Hitsuji Shobou. ISSBN978-4-89476-303-6

Yoneyama, A., Sugiyama, S. & Tada, S. 2006. Eigoka Kyouiku Jisshu Handbook. Tokyo: Taishukan Shoten.

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-20