PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA JEPANG DI SMA KARTIKA 1-5 KOTA PADANG

Penulis

  • Reny Rahmalina Universitas Negeri Padang
  • Prisyanti Suciaty Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

persepsi siswa, kompetensi pedagogik, guru bahasa Jepang

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini ialah menemukan dan menganalisis serta menggambarkan bagaimana persepsi siswa tentang kompetensi pedagogik guru bahasa Jepang di SMA Kartika 1-5 Kota Padang, Sumatra Barat. Metode yang digunakan   pada   penelitian   ini   ialah   deskriptif   dengan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi yang terlibat ialah seluruh siswa kelas X, XI, dan XII yang memilih mata pelajaran bahasa  Jepang  berjumlah  340  siswa.  Penentuan  responden pada penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling   berdasarkan   tabel   Isaac   dan   Michael   sehingga didapat sampel sebanyak 151 siswa. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. Pada penelitian ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan  teknik  Cronbach’s Alpha. Tahapan  selanjutnya ialah menganalis data dengan analisis deskriptif. Setelah melalui beberapa tahapan, diperoleh hasil penelitian  yang  menunjukkan  persepri  siswa  terhadap kompetensi pedagogic guru bahasa Jepang di SMA Kartika 1-5 Kota Padang sebagian besar dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat  dari  hasil  kuesioner  dengan  perolehan  nilai  pada kategori sangat tinggi sebesar 8,61%, kategori tinggi sebesar 84,77%, kategori cukup sebesar 5,97%,  dan kategori kurang sebesar 0,66%.

Referensi

Bimo Walgito. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Adi Offset

Miftah Toha. 2005. Perilaku Organisasi, Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Payong, M.R. (2011). Sertifikasi Profesi Guru: Konsep Dasar, Problematika, dan Implementasinya. Jakarta: Indeks.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. PT. Raneka Cipta. Jakarta.

Syaifuddin Azwar. 2012. Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.Jakarta: Sinar Grafika

Veitzhal Rivai dan Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-20