PEMANFAATAN APLIKASI MEMO DAN LINE DALAM MATA KULIAH SAKUBUN

Penulis

  • Hari Setiawan Universitas Darma Persada
  • Ari Artadi Universitas Darma Persada

Kata Kunci:

Sakubun, aplikasi, LINE, umpan balik, kesadaran

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini adalah membuktikan kemungkinan  pemanfaatan  aplikasi  Memo  dan  LINE  dalam mata kuliah Sakubun. Pada tahun 2015, jumlah pemelajar bahasa   Jepang   di   Indonesia   mencapai   745.125   orang, sementara jumlah pengajarnya hanya kurang lebih 1% saja dari jumlah pemelajar tersebut (The Japan Foundation, 2015). Kondisi ini berpengaruh terhadap kualitas pendidikan bahasa Jepang di Indonesia, salah satunya pada pelaksanaan mata kuliah Sakubun. Pengajar sulit memberikan umpan balik yang berkualitas kepada pemelajar yang jumlahnya banyak. Oleh karena  itu,  penulis  memanfaatkan  aplikasi  Memo  dan  LINE untuk melaksanakan mata kuliah Sakubun. Hasil dari pemanfaatan tersebut adalah pengajar bisa memberikan umpan balik secara merata dan maksimal, hanya saja kesadaran pembelajar akan tulisannya terlihat tidak menunjukan kecenderungan yang positif dan memerlukan kegiatan lain untuk meningkatkan kesadaran tersebut.

Referensi

Hari Setiawan (2015). The Current Situation of Japanese Language Education in Indonesia (Special Issue: Japan and Asia). Japanese studies: research and education annual report) no.19 p.157 -163, Tokyo University of Foreign Studies

Hari Setiawan dan Ari Artadi (2018). Peranan Pengetahuan Pemerolehan Bahasa dalam Pengembangan Kompetensi Pengajar Bahasa Jepang. Seminar Nasional Peningkatan Kemampuan Bahasa Jepang dalam Lingkungan Kerja, UNPAD

Yoshino Fumio (2013). Indonesia’s Economic Development and Japanese Companies. 『アジア太平洋討究』No. 20

Evi Lusiana、尾崎裕子、秋山佳世(2013)「インドネシアの中等教育における日 本語教員研修インストラクターの養成―教育文化省語学教員研修所と高校日本語教員の連携による研修の自立化を目指して―」『国際交流基金 日本語教育紀要』第 9 号、p. 43-58

藤長かおる、古川嘉子、エフィ・ルシアナ(2006)「インドネシアの高校日本語教 員の成長を支援する教員研修プログラム」『国際交流基金日本語教育紀要』第 2 号、p. 81-96

加藤敦子(2013)「ブログを活用した作文指導の実践とその可能性」東京経済大 学 人 文 自 然 科 学 研 究 会 人 文 自 然 科 学 論 集 = The Journal of Humanities and Natural Sciences No. 135 p.51-63

国際交流基金(2015)『海外の日本語教育の現状日本語教育機関調査・2015 年概要』独立行政法人 国際交流基金 迫田久美子(2008)『日本語教育に生かす第二言語習得研究』アルク

広瀬和佳子(2007)「教師フィードバックが日本語学習者の作文に与える影響-- コメントとカンファレンスの比較を中心に」早稲田大学日本語教育研究セ ンター紀要 (20), 137-155, 2007-06

横田淳子、伊集院郁子(2009)「JLC 日本語スタンダーズ」に基づいた初級段階 における文章表現指導の試み」東京外国語大学留学生日本語教育センタ ー 論 集 (Bulletin of Japanese Language Center for International

Students) no.35 p.87 -102 https://www.jetro.go.jp/world/asia/idn/basic_01.html https://jfstandard.jp/summary/ja/render.do

Unduhan

Diterbitkan

2020-03-20