KORELASI PENUGASAN BUNPOU DENGAN KETERAMPILAN PEMAHAMAN DOKKAI TERHADAP MAHASISWA PROGRAM STUDI BAHASA JEPANG
Kata Kunci:
Penugasan Bunpou, Keterampilan, Pemahaman, DokkaiAbstrak
Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dikuasai oleh pembelajar bahasa asing adalah membaca,
dalam bahasa Jepang disebut dokkai. Pembelajar bahasa Jepang dari Indonesia seringkali mengalami
kesulitan dalam menguasai tata bahasa bahasa Jepang atau bunpou. Pada kurikulum di Sekolah Tinggi
Bahasa Asing Cipto Hadi Pranoto memisahkan antara mata kuliah bunpou dan dokkai. Namun, terdapat
mahasiswa yang tidak lulus dalam mata kuliah bunpou namun mengambil mata kuliah dokkai. Sehingga
peneliti ingin mengetahui korelasi antara pemahaman dokkai dengan menugaskan penugasan tata
bahasa/bunpou. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bunpou
terhadap pemahaman dokkai mahasiswa semester IV Program Studi Bahasa Jepang Sekolah Tinggi Bahasa
Asing Cipto Hadi Pranoto Tahun Akademik 2018/2019 sebanyak 32 mahasiswa. Penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Penelitian dilaksanakan
pada satu kelas yang diberikansatu kali tes dokkai dan bunpou, yang terdiri dari 40 soal bunpou dan 25 soal
dokkai. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan rumus Pearson Product Moment, koefisien korelasi
antara penugasaan bunpou dengan pemahaman dokkai adalah -0,3 berarti variabel x dan variabel y memiliki
hubungan lemah dan bentuk hubungannya linear negatif. Dengan demikian korelasi penugasan bunpou
dengan pemahaman dokkai rendah.
Referensi
Cahyono, AB dan Lestari, Eka M. (2016). Korelasi antara Goi (Kosakata) pada Mahasiswa
Program Studi Sastra Jepang Universitas Brawijaya. Paramasatra: Jurnal Ilmiah Bahasa
Sastra dan Pembelajarannya 3 (1).
https://journal.unesa.ac.id/index.php/paramasastra/article/view/1516
Pertiwi, Septyana Ika. (2011). Korelasi antara Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan
Membaca Teks Bacaan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Angkatan
/2010. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri
Semarang. Semarang.
Sudjianto. (2010) Metodologi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Jepang. Bekasi: Kesaint
Blanc.
Sudjianto & Ahmad Dahidi. (2014). Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta Pusat:
Kesaint Blanc.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RnD.
Bandung:Alfabeta.
Sutedi, Dedi. (2014). Dasar-Dasar Lingusitik Bahasa Jepang. Bandung: Alfabeta.
Takamizawa. (2002). Modality Bunpou. Tokyo:Shinmura.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Igat Meliana, Doreyati Ibrahim
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.