KEMAMPUAN HIRAGANA SISWA KELAS XI SMAN 2 SUNGAI LIMAU

Penulis

  • Iramayu Cici Universitas Negeri Padang
  • Meira Anggia Putri Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Kemampuan, Hiragana, Bahasa Jepang

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesulitan siswa dalam menguasai huruf hiragana Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan hiragana siswa kelas XI SMAN 2 Sungai Limau. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif yang datanya berupa nilai. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Sungai Limau. Sampel dalam penelitian ini menggunakan populasi purposive sampling yang mana sistem pembelajaran sekarang dibagi dua shif, maksudnya dibagi dua shif tersebut satu kelas dibagi dua kelompok . Untuk menghemat watu dan tidak mempersulit peneliti maka diambil satu sampel saja dalam penelitian ini. Yang mana dijadikan sampel yaitu kelas XI IPA 1 SMAN 2 Sungai Limau sebanyak 33 orang. Data dalam penelitian ini adalah nilai hasil tes kemampuan hiragana siswa kelas XI IPA 1 SMAN 2 Sungai Limau. Teknik pengumpilan data pada penelitian ini ialah teknik obsevasi dan wawancara. pada penelitian ini dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan teknik Kuder Richardson Tahapan selanjutnya ialah menganalisis data dengan analisis deskriptif. Berdasarkan  hasil penelitian  yang  dilaksanakan dapat disimpulkan  sebagai berikut. Pertama, kemampuan hiragana pada kualifikasi “baik” dengan rata-rata 81,5. Kedua, kemampuan hiragana untuk indicator 1 siswa mampu mengguasai huruf hiragana dalam dengan benar berada pada kualifikasi “baik” dengan rata-rata 80,7. Ketiga, kemampuan hiragana untuk indikator 2 siswa mengidentifikasi kata menggunakan hiragana dengan benar berada pada kualifikasi “baik” dengan rata-rata 81,83.

Referensi

Alim, Burhanuddin. 2014. Ayo Belajar Bahasa Jepang. Yogyakarta:Graha Ilmu. Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rahayu, Citra. 2018. Efektifiktas Permainan Bingo Terhadap Penguasaan Huruf Hiragana Siswa Kelas X MIA 4 SMA Negeri 8 Padang Jurnal Omiyage Vol 1, (1) hal 5. http://omiyage.ppj.unp.ac.id/index.php/omiyage/article/view/28

Harimurti, Kridalaksana. 2001. Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjianto& Ahmad Dahidi. 2009. Pengantar Linguistik Bahasa Jepang. Jakarta: Oriental

Sutedi, Dedi. 2011. Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: UPI Press 2018.Penelitian Pendidikan Bahasa Jepang. Bandung: Humaniora. Yuana, Cuk. 2012. Nihongo Yasashii SMA Kelas X. Surabaya: Yudhistira. Zalman, Hendri. 2014. Kosakata Bahasa Jepang Dasar. Padang: UNP Pers.

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01