Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Membaca Pemahaman (Dokkai 3)

Penulis

  • Nana Rahayu Universitas Riau
  • Yenny Aristia Universitas Riau
  • Putri Rahayuningtyas Universitas Riau

Kata Kunci:

Reciprocal Teaching , Membaca pemahaman

Abstrak

Penelitian   ini   menggunakan   metode   deskriptif   kualitatif   yang   bertujuan   untuk   mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran membaca pemahaman. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pada pembelajaran Dokkai 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Unversitas Riau yang diambil dari buku Minna no Nihongo II Shokyuu de Yomeru Topikku 25 bab 34 dan salah satu cerita rakyat Jepang yang sumbernya dari internet. Model pembelajaran Reciprocal Teaching ini memberikan kepada siswa untuk mengajarkan dan belajar dari teman secara berkelompok dengan masing-masing pelajaran terdiri dari empat kegiatan belajar yaitu (1)memprediksi, (2)bertanya, (3)klarifikasi dan (4)merangkum. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa model pembelajaran  Reciprocal  Teaching  dapat  digunakan  sebagai  salah  satu  strategi  belajar  yang  berpusat kepada siswa dengan pemilihan materi menyesuaikan kemampuan bahasa Jepang mereka.

 

Referensi

Ardiansyah, W., Djohar, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca untuk

Meningkatkan Kemampuan Membca Pemahaman dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.

TA‟DIB: XVII, No. 02. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/30

Efendi, Nur. (2013). Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan

Ketuntasan Hasil Belajar Biologi SMA. Jurnal PEDAGOGIA vol.2 no. 1 (84-97). http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/49

Ketong, S., Burhanuddin., & Asri, W.K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal

Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11

Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 2 No.1. https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/5629

Suhardiana,I.P.A., Oktarina,P.S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan MembacaPemahaman Mahasisswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IHDN Denpasar. Jurnal Ilmu Pendidikan vol.2 no. 2 . https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/608

Trahutami, S. I.(2020). Efektifitas Penggunaan Mukashi Banashi Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Jepang. Kiryoku: Jurnal Studi Kejepangan, Vol. 4 No. 1. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/30585

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01