Model Pembelajaran Reciprocal Teaching pada Pembelajaran Membaca Pemahaman (Dokkai 3)
Kata Kunci:
Reciprocal Teaching , Membaca pemahamanAbstrak
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran membaca pemahaman. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pada pembelajaran Dokkai 3 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Unversitas Riau yang diambil dari buku Minna no Nihongo II Shokyuu de Yomeru Topikku 25 bab 34 dan salah satu cerita rakyat Jepang yang sumbernya dari internet. Model pembelajaran Reciprocal Teaching ini memberikan kepada siswa untuk mengajarkan dan belajar dari teman secara berkelompok dengan masing-masing pelajaran terdiri dari empat kegiatan belajar yaitu (1)memprediksi, (2)bertanya, (3)klarifikasi dan (4)merangkum. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat digunakan sebagai salah satu strategi belajar yang berpusat kepada siswa dengan pemilihan materi menyesuaikan kemampuan bahasa Jepang mereka.
Referensi
Ardiansyah, W., Djohar, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Membaca untuk
Meningkatkan Kemampuan Membca Pemahaman dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.
TA‟DIB: XVII, No. 02. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/30
Efendi, Nur. (2013). Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan
Ketuntasan Hasil Belajar Biologi SMA. Jurnal PEDAGOGIA vol.2 no. 1 (84-97). http://ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/article/view/49
Ketong, S., Burhanuddin., & Asri, W.K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal
Teaching Dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11
Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra Volume 2 No.1. https://ojs.unm.ac.id/eralingua/article/view/5629
Suhardiana,I.P.A., Oktarina,P.S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan MembacaPemahaman Mahasisswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris IHDN Denpasar. Jurnal Ilmu Pendidikan vol.2 no. 2 . https://jurnal.undhirabali.ac.id/index.php/jmk/article/view/608
Trahutami, S. I.(2020). Efektifitas Penggunaan Mukashi Banashi Untuk Meningkatkan Kompetensi Berbahasa Jepang. Kiryoku: Jurnal Studi Kejepangan, Vol. 4 No. 1. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/kiryoku/article/view/30585
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Nana Rahayu, Yenny Aristia, Putri Rahayuningtyas
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.