PENGGUNAAN GAMES EDUKASI DENGAN WORDWALL SOLUSI PJJ YANG MENYENANGKAN

Penulis

  • Rita Arni Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Daring, Game Edukasi, Wordwall

Abstrak

Pandemi Covid-19, sudah mengakibatkan perubahan disegala bidang, seperti bidang ekonomi, kesehatan  maupun  pendidikan.  Pemerintah  Indonesia  telah  melakukan  berbagai  usaha  untuk menangulanginya dengan memberlakukan berbagai aturan. Pada bidang pendidikan, salah satu pilihan yang bisa diberlakukan dalam mengatasi masalah tersebut yaitu pembelajaran daring. Namun, ditemukan banyak masalah yang muncul pada pembelajaran daring, diantaranya kejenuhan dari mahasiswa karena tugas yang menumpuk, dosen masih  menggunakan  metode pembelajaran yang  konvensional,  sehingga pembelajaran terlihat monoton dan kurang menyenangkan. Untuk itu, dosen dituntut untuk kreatif serta inovatif. Dosen juga, dituntut  dapat  membuat  media  pembelajaran  yang  menarik.  Salah  satunya  adalah  menggunakan  game edukasi dengan  wordwall. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, yang akan memaparkan tentang (1) Tahapan pembuatan game edukasi menggunakan wordwall  (2) penggunaan game edukasi dengan wordwall  pada  mata  kuliah  MKU  bahasa  Jepang  (3)  persepsi  atau  tanggapan  mahasiswa  setelah menggunakan   wordwall.   Dalam   penerapannya   mahasiswa   diperkenalkan   dengan   wordwall.   Tujuan pembuatan   game   edukasi   dengan   wordwall   untuk   memberikan   motivasi   kepada   mahasiswa,   pada pembelajaran bahasa Jepang  dasar atau pemula dan untuk meningkatkan  kembali semangat mahasiswa walaupun perkuliahan secara daring. Dari hasil angket melalui google fomn, dapat disimpulkan persepsi mahasiswa MKU bahasa Jepang UNP tentang wordwall sangat positif.

Referensi

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah

Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2),

–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, P., & Sari, H. (2019). Pelatihan Penggunaan Metode Wordwall Untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Di Desa Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.35906/jipm01.v2i1.310

Pengelola Web Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. Www.Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-pendidik-hadirkan-belajar- menyenangkan-bagi-daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01