PENGGUNAAN GAMES EDUKASI DENGAN WORDWALL SOLUSI PJJ YANG MENYENANGKAN
Kata Kunci:
Daring, Game Edukasi, WordwallAbstrak
Pandemi Covid-19, sudah mengakibatkan perubahan disegala bidang, seperti bidang ekonomi, kesehatan maupun pendidikan. Pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai usaha untuk menangulanginya dengan memberlakukan berbagai aturan. Pada bidang pendidikan, salah satu pilihan yang bisa diberlakukan dalam mengatasi masalah tersebut yaitu pembelajaran daring. Namun, ditemukan banyak masalah yang muncul pada pembelajaran daring, diantaranya kejenuhan dari mahasiswa karena tugas yang menumpuk, dosen masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional, sehingga pembelajaran terlihat monoton dan kurang menyenangkan. Untuk itu, dosen dituntut untuk kreatif serta inovatif. Dosen juga, dituntut dapat membuat media pembelajaran yang menarik. Salah satunya adalah menggunakan game edukasi dengan wordwall. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif, yang akan memaparkan tentang (1) Tahapan pembuatan game edukasi menggunakan wordwall (2) penggunaan game edukasi dengan wordwall pada mata kuliah MKU bahasa Jepang (3) persepsi atau tanggapan mahasiswa setelah menggunakan wordwall. Dalam penerapannya mahasiswa diperkenalkan dengan wordwall. Tujuan pembuatan game edukasi dengan wordwall untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa, pada pembelajaran bahasa Jepang dasar atau pemula dan untuk meningkatkan kembali semangat mahasiswa walaupun perkuliahan secara daring. Dari hasil angket melalui google fomn, dapat disimpulkan persepsi mahasiswa MKU bahasa Jepang UNP tentang wordwall sangat positif.
Referensi
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah
Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2),
–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sari, P., & Sari, H. (2019). Pelatihan Penggunaan Metode Wordwall Untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa Di Desa Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.35906/jipm01.v2i1.310
Pengelola Web Kemendikbud. (2020). Kemendikbud Imbau Pendidik Hadirkan Belajar Menyenangkan Bagi Daerah yang Terapkan Belajar di Rumah. Www.Kemendikbud.Go.Id. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/kemendikbud-imbau-pendidik-hadirkan-belajar- menyenangkan-bagi-daerah-yang-terapkan-belajar-di-rumah
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rita Arni
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.