PERSEPSI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MANADO

Penulis

  • Sherly F Lensun Universitas Negeri Manado

Kata Kunci:

Persepsi, Perkuliahan Daring, bahasa Jepang, Covid-19

Abstrak

Sejak terjadinya wabah Covid 19, mengubah tatanan kehidupan manusia didalam berbagai aspek     Hal ini terjadi juga pada aspek pendidikan,  dimana proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka langsung harus dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring dapat membantu mahasiswa dalam pembentukan      kemandirian   belajar   dan   juga  mendorong  interaksi   antar  mahasiswa. Sedangkan  bagi  dosen  dapat   mengubah  gaya mengajar  konvensional yang  secara tidak langsung akan berdampak pada profesionalitas kerja mulai memperlengkapi diri dengan kecakapan menggunakan pembelajaran berbasis IT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu mengkaji persepsi mahasiswa Prodi Pend.Bahasa Jepang FBS UNIMA mengenai perkuliahan daring bahasa Jepang.  Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 37 mahasiswa Prodi Pend. Bahasa Jepang FBS UNIMA yang dipilih secara acak dari semester 1, semester 3 dan semester 5. Hasilnya didapatkan bahwa media pembelajaran daring yang paling digemari ialah whatsapp, aplikasi Amelia, zoom, Google Classroom, google meet, dll. Sebesar 53% dari mahasiswa Prodi Pend.Bahasa Jepang FBS UNIMA sudah mengenal berbagai media pembelajaran daring tersebut sebelum perkuliahan daring dimulai.Selain itu, pola komunikasi yang paling diminati oleh mahasiswa ialah pola semi dua arah.

Referensi

Purmadi Ary, dkk Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning

Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan, karya Tulis

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya TulisIlmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century .Journalof

Information Systems Education.

Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K. A., . . . Ahmad, R. (2018). Understanding Modern Learning Environment (MLE) in Big Data Era .International Journalof Emerging Technologies in Learning (IJET).

Holland, A. A. (2019). Effective principles of informal online learning design: A

theorybuilding metasynthesis of qualitative research . Computers &Education. Isman, M. (2016).Pembelajaran Moda DalamJaringan (Moda Daring).

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusiproyeksi. LP2M.

Kementerian kesehatan RI. (2020). PedomanKesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel

Coronavirus (2019-n-c0v).Direktorat jenderal kefarmasian dan alat kesehatan

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016).Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.Jurnal Pendidikan ManajemenPerkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia).Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia.

Mnyanyi, C. B. F., & Mbwette, T. S. A. (2009). ‘Open and Distance Learning in Developing Countries: The Past, The Present and The Future’, Open University of Tanzania: Dares salaam. Retrieved from Retrieved on 16 June 2020 from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary.

Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. (2018).

Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications .Journal of

GlobalInformation Technology Management.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020).Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus CoronaCovid-19 Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research.

Riyanda, A. R, Herlina, K. Wicaksono, A. B (2020). Evaluasi Implementasi Sistem

Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.

Jurnal IKRA-ITH Humaniora.

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa

Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA.Integralistik, 31(1), 112.

Singh, G., ’donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On

Higher Education.Journal of University Teaching & Learning Practice.

Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua.

Thamarana, S. (2016). ‘Role of E-learning and Virtual Learning Environment in English language learning Role of E-learning and Virtual Learning Environment in English’. Research Scholar.

Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar.

Zhafira, N. H. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan

Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen

S. Alam, & L. Jackson. (2013). A Case Study : Are Traditional Face-To-Face Lectures Still

Relevant When Teaching Engineering Courses. vol. 3, no. 4.

Iskandar (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Prodi pendidikan bahasa Jepang FBS UNIMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan.

Penerapan Sistem Pembelajaran Daring.... (Iskandar, Masthura, & Oktaviyana, 2020) Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 4, No. 2, Juli 2020 323-332 http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.

Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020.

Nabila Hilmy Zhafira, dkk , Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19 Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 4 Nomor 1, 2020 ISSN : 2614-2147.

Unduhan

Diterbitkan

2021-04-05