PERSEPSI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN DARING DI PRODI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI MANADO
Kata Kunci:
Persepsi, Perkuliahan Daring, bahasa Jepang, Covid-19Abstrak
Sejak terjadinya wabah Covid 19, mengubah tatanan kehidupan manusia didalam berbagai aspek Hal ini terjadi juga pada aspek pendidikan, dimana proses pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka langsung harus dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring). Pembelajaran daring dapat membantu mahasiswa dalam pembentukan kemandirian belajar dan juga mendorong interaksi antar mahasiswa. Sedangkan bagi dosen dapat mengubah gaya mengajar konvensional yang secara tidak langsung akan berdampak pada profesionalitas kerja mulai memperlengkapi diri dengan kecakapan menggunakan pembelajaran berbasis IT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu mengkaji persepsi mahasiswa Prodi Pend.Bahasa Jepang FBS UNIMA mengenai perkuliahan daring bahasa Jepang. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 37 mahasiswa Prodi Pend. Bahasa Jepang FBS UNIMA yang dipilih secara acak dari semester 1, semester 3 dan semester 5. Hasilnya didapatkan bahwa media pembelajaran daring yang paling digemari ialah whatsapp, aplikasi Amelia, zoom, Google Classroom, google meet, dll. Sebesar 53% dari mahasiswa Prodi Pend.Bahasa Jepang FBS UNIMA sudah mengenal berbagai media pembelajaran daring tersebut sebelum perkuliahan daring dimulai.Selain itu, pola komunikasi yang paling diminati oleh mahasiswa ialah pola semi dua arah.
Referensi
Purmadi Ary, dkk Pengembangan Kelas Daring Dengan Penerapan Hybrid Learning
Menggunakan Chamilo Pada Matakuliah Pendidikan Kewarganegaraan, karya Tulis
Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya TulisIlmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS Education for the 21st Century .Journalof
Information Systems Education.
Huda, M., Maseleno, A., Teh, K. S., Don, A. G., Basiron, B., Jasmi, K. A., . . . Ahmad, R. (2018). Understanding Modern Learning Environment (MLE) in Big Data Era .International Journalof Emerging Technologies in Learning (IJET).
Holland, A. A. (2019). Effective principles of informal online learning design: A
theorybuilding metasynthesis of qualitative research . Computers &Education. Isman, M. (2016).Pembelajaran Moda DalamJaringan (Moda Daring).
Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran daring masa pandemik Covid-19 pada calon guru: hambatan, solusiproyeksi. LP2M.
Kementerian kesehatan RI. (2020). PedomanKesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel
Coronavirus (2019-n-c0v).Direktorat jenderal kefarmasian dan alat kesehatan
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016).Minat belajar sebagai determinan hasil belajar siswa.Jurnal Pendidikan ManajemenPerkantoran (JPManper), 1(1), 128-135.
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia).Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia.
Mnyanyi, C. B. F., & Mbwette, T. S. A. (2009). ‘Open and Distance Learning in Developing Countries: The Past, The Present and The Future’, Open University of Tanzania: Dares salaam. Retrieved from Retrieved on 16 June 2020 from http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/summary.
Palvia, S., Aeron, P., Gupta, P., Mahapatra, D., Parida, R., Rosner, R., & Sindhi, S. (2018).
Online Education: Worldwide Status, Challenges, Trends, and Implications .Journal of
GlobalInformation Technology Management.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020).Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus CoronaCovid-19 Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research.
Riyanda, A. R, Herlina, K. Wicaksono, A. B (2020). Evaluasi Implementasi Sistem
Pembelajaran Daring Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Jurnal IKRA-ITH Humaniora.
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa
Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA.Integralistik, 31(1), 112.
Singh, G., ’donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On
Higher Education.Journal of University Teaching & Learning Practice.
Syarifudin, A. S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua.
Thamarana, S. (2016). ‘Role of E-learning and Virtual Learning Environment in English language learning Role of E-learning and Virtual Learning Environment in English’. Research Scholar.
Yanti, M. T., Kuntarto, E., & Kurniawan, A. R. (2020). Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar.
Zhafira, N. H. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan
Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen
S. Alam, & L. Jackson. (2013). A Case Study : Are Traditional Face-To-Face Lectures Still
Relevant When Teaching Engineering Courses. vol. 3, no. 4.
Iskandar (2020). Penerapan Sistem Pembelajaran Daring Pada Mahasiswa Prodi pendidikan bahasa Jepang FBS UNIMA. Jurnal Dedikasi Pendidikan.
Penerapan Sistem Pembelajaran Daring.... (Iskandar, Masthura, & Oktaviyana, 2020) Jurnal Dedikasi Pendidikan, Vol. 4, No. 2, Juli 2020 323-332 http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi.
Oktafia Ika Handarini dan Siti Sri Wulandari Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3, 2020.
Nabila Hilmy Zhafira, dkk , Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19 Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Volume 4 Nomor 1, 2020 ISSN : 2614-2147.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Sherly F Lensun
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.