Implementasi Project based Learning di Era Digital dalam perkuliahan Kaiwa Chujokyu Kohan
Kata Kunci:
IKU, Project based Learning, case method , Kaiwa Chujokyu Kohan.Abstrak
Berdasarkan Indikator Kinerja Utama atau IKU dari Direktorat Jendral Perguruan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020, terdapat delapan IKU yang harus dipenuhi oleh semua perguruan tinggi di Indonesia. Dari kedelapan IKU tersebut, di antaranya IKU 7 terkait dengan pembelajaran, yaitu kelas yang kolaboratif dan partisipatif. Terkait kelas kolaboratif dan partisipatif sebagai kriteria pembelajarannya adalah pemecah kasus atau case based method dan atau team based project (Project Based Learning/PBL) dengan kriteria evaluasi 50% dari bobot nilai akhir harus berdasarkan kualitas partisipasi diskusi kelas (case method) dan/atau presentasi akhir project-based learning. Terkait dengan adanya IKU 7 tersebut, di Universitas Negeri Semarang, semua mata kuliah diwajibkan agar menggunakan kriteria pembelajaran tersebut. Untuk itu, diperlukan penelitian terkait implementasi kelas kolaboratif dan partisipatif untuk diimplementasikan dalam semua perkuliahan di Universitas Negeri Semarang dalam mendukung capaikan IKU 7. Terkait capaian IKU 7 tersebut pada perkuliahan Kaiwa Chujokyu Kohan, diimplementasi dengan berbagai bentuk kegiatan pembelajaran seperti prrsentasi, interview, roleplay, talkshow, dan diskusi. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi PBL atau case method pada bentuk kegiatan yang digunakan dalam perkuliahahn Kaiwa Chujokyu Kohan atau disingkat KCJ Terkait buku ajar yang digunakan dalam perkuliahn ini adalah buku Marugoto yang diterbitkan oleh Japan Foundation. Namun, untuk mendukung situasi yang terkait dengan tema dari buku ajar, digunakan pendukung materi dari chanel youtobe yang dikaitkan dengan situasi di Jepang yang terkait dengan tema yang diajarkan. Pendekatan penelitian menggunakan action research untuk mendeskripsikan implementasi PBL dalam MK KCK. Pengambilan data digunakan observasi kelas untuk mengobeservasi kegiatan yang dilakukan mahasiswa produk berupa script yang telah dibuat oleh para mahasiswa secara kelompok dengan asyncronus melalui ELENA kemudian dipresentasikan dengan syncronus melalui zoom meeting . Hasil dari implementasi PBL ditinjau dari kriteria metode pembelajaran Team based Project telah diimplementasikan dalam mata kuliah KCK dengan tingkat ketercapaina dari tiga indikator, diperoleh nilai 3, 8 yang berarti mendekati ketercapaian yang sempurna mendekati nagkat 4.
Referensi
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi : IKU Buku panduan Kinerja Utama Perguruan Tinggi
Fathurohman, Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Strategi
Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: KALIMEDIA.
Kusumaningrum, S., Djukri, D. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 2016,241-251
Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jip
Honjo, M. 金沢大学人間社会研究域学校教育系、PBL 授業の理論と実践 Project Based Learning dalam pembelajaran bahasa Jepang pada インドネシア日本語 教育学科教員フ ォーラム.2021 年 8 月 18 日.
健康法 https://www.erin.jpf.go.jp/jp/lesson/16/let-us-see/
Hiromi Kijima et.al. (2018) .Marugoto : Bahasa dan Kebudayaan Jepang B1.Standar JF
untuk Pendidikan Bahasa Jepang. Jakarta: Kensaint Blanc
Thomas, J. W. (2000). A review of research on project based learning. http://www.bobpearlman.org/BestPractice s /PBL_Research.pdf
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Rina Supriatnaningsih
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.