Implementasi Project based Learning di Era Digital dalam perkuliahan Kaiwa Chujokyu Kohan

Penulis

  • Rina Supriatnaningsih Universitas Negeri Semarang

Kata Kunci:

IKU, Project based Learning, case method , Kaiwa Chujokyu Kohan.

Abstrak

Berdasarkan    Indikator  Kinerja  Utama  atau  IKU    dari  Direktorat  Jendral    Perguruan  Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020, terdapat delapan IKU yang harus dipenuhi oleh semua perguruan  tinggi  di  Indonesia.     Dari  kedelapan  IKU  tersebut,  di  antaranya  IKU  7  terkait  dengan pembelajaran,  yaitu    kelas  yang  kolaboratif  dan  partisipatif.  Terkait  kelas  kolaboratif  dan  partisipatif sebagai kriteria  pembelajarannya  adalah pemecah  kasus atau  case based  method  dan atau  team based project     (Project  Based  Learning/PBL)  dengan  kriteria  evaluasi  50%  dari  bobot  nilai  akhir  harus berdasarkan kualitas partisipasi diskusi kelas (case method) dan/atau presentasi akhir project-based learning. Terkait dengan adanya IKU 7 tersebut, di Universitas Negeri Semarang, semua mata kuliah diwajibkan agar menggunakan kriteria pembelajaran tersebut. Untuk itu,  diperlukan penelitian  terkait implementasi  kelas kolaboratif  dan  partisipatif  untuk  diimplementasikan  dalam  semua  perkuliahan  di  Universitas  Negeri Semarang dalam  mendukung capaikan IKU 7.  Terkait  capaian IKU 7 tersebut pada perkuliahan  Kaiwa Chujokyu  Kohan,    diimplementasi  dengan  berbagai  bentuk  kegiatan  pembelajaran  seperti  prrsentasi, interview,  roleplay,  talkshow,  dan  diskusi.  Untuk  itu,     tujuan  penelitian  ini  adalah  mendeskripsikan implementasi PBL atau case method pada bentuk kegiatan yang digunakan   dalam   perkuliahahn Kaiwa Chujokyu Kohan atau disingkat  KCJ   Terkait  buku ajar yang digunakan dalam perkuliahn ini adalah buku Marugoto yang diterbitkan oleh Japan Foundation. Namun, untuk mendukung situasi yang terkait dengan tema dari buku ajar,  digunakan pendukung materi dari  chanel youtobe  yang dikaitkan dengan  situasi di Jepang yang terkait dengan tema yang diajarkan. Pendekatan penelitian menggunakan action research untuk mendeskripsikan  implementasi PBL dalam  MK KCK. Pengambilan data  digunakan observasi kelas untuk mengobeservasi  kegiatan yang dilakukan mahasiswa    produk  berupa script  yang telah dibuat oleh para mahasiswa  secara    kelompok  dengan  asyncronus  melalui  ELENA  kemudian    dipresentasikan    dengan syncronus   melalui zoom meeting . Hasil dari  implementasi PBL ditinjau dari kriteria metode pembelajaran Team based Project telah diimplementasikan dalam mata kuliah KCK dengan  tingkat ketercapaina dari tiga indikator, diperoleh nilai 3, 8 yang berarti mendekati ketercapaian yang sempurna mendekati nagkat 4.

Referensi

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi : IKU Buku panduan Kinerja Utama Perguruan Tinggi

Fathurohman, Muhammad. 2015. Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013. Strategi

Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: KALIMEDIA.

Kusumaningrum, S., Djukri, D. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2 (2), 2016,241-251

Available online at: http://journal.uny.ac.id/index.php/jip

Honjo, M. 金沢大学人間社会研究域学校教育系、PBL 授業の理論と実践 Project Based Learning dalam pembelajaran bahasa Jepang pada インドネシア日本語 教育学科教員フ ォーラム.2021 年 8 月 18 日.

健康法 https://www.erin.jpf.go.jp/jp/lesson/16/let-us-see/

Hiromi Kijima et.al. (2018) .Marugoto : Bahasa dan Kebudayaan Jepang B1.Standar JF

untuk Pendidikan Bahasa Jepang. Jakarta: Kensaint Blanc

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project based learning. http://www.bobpearlman.org/BestPractice s /PBL_Research.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2022-03-01