https://proceedingsminasan.fbs.unp.ac.id/index.php/minasan/issue/feed Prosiding MINASAN 2024-03-01T07:55:44+00:00 Open Journal Systems <p><strong>Prosiding Seminar Nasional Bahasa Jepang (MINASAN)</strong> merupakan prosiding open acces peer review jurnal online yang diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Departemen Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang</p> <p><strong>Prosiding Seminar Nasional Bahasa Jepang (MINASAN)</strong> merupakan wadah publikasi hasil-hasil penelitian tentang bahasa dan pengajaran bahasa Jepang yang telah dipresentasikan sebelumnya pada Seminar Nasional Minasan yang diselenggarakan setiap tahun oleh Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Departemen Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang.</p> <p><strong>Prosiding Seminar Nasional Bahasa Jepang (MINASAN)</strong>: menerima artikel dalam bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan terbuka untuk penulis seperti mahasiswa, guru dan dosen bahasa Jepang di seluruh Indonesia. Saat ini diterbitkan Sekali setahun, yaitu pada bulan Maret.</p> https://proceedingsminasan.fbs.unp.ac.id/index.php/minasan/article/view/68 On Line Role Play dalam Pembelajaran Kaiwa dengan Pemahaman Antarbudaya 2024-03-01T07:55:44+00:00 Sonda Sanjaya sonda.sanjaya@umy.ac.id <p>Pandemi Covid 19 berdampak besar terhadap perubahan stretegi pembelajaran bahasa Jepang..Akan tetapi, hal tersebut menjadi katalis dalam optimalisasi penggunaan media digital atau ICT dalam pembelajaran bahasa Jepang, termasuk pembelajaran Kaiwa. On line role play selain sebagai strategi pembelajaran Kaiwa dengan pemanfaat ICT menjadi salah satu strategi atau teknik pembelajaran Kaiwa yang efektif dan menyenangkan juga dapat digunakan untuk mendalami pemahaman antarbudaya (Jepang dan Indonesia) jika dilakukan pemelajar bahasa Jepang dengan penutur asli bahasa Jepang dengan suatu seting.</p> 2024-03-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Sonda Sanjaya https://proceedingsminasan.fbs.unp.ac.id/index.php/minasan/article/view/67 Digitalisasi Pembelajaran Bahasa Jepang kurikulum Merdeka 2024-03-01T07:50:20+00:00 Imelda Fatmawati Imeldafatmawati@gmail.com <p>Digitalisasi pendidikan merupakan pendayagunaan teknologi sebagai aspek dalam sistem pembelajaran, mulai dari metode pembelajaran, rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi serta asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Dewasa ini, perkembangan teknologi memberikan pengaruh yang sangat besar pada inovasi dunia pendidikan. Digitalisasi sekolah adalah kunci untuk membuka pintu menuju masa depan pendidikan yang lebih menarik dan inovatif. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kita dapat merangsang semangat belajar dan memberikan akses pendidikan yang lebih luasMetode Pembelajaran Berbasis Teknologi (Technology-Based Learning) adalah pendekatan pembelajaran yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alat utama dalam proses pembelajaran. Metode ini melibatkan penggunaan perangkat elektronik, perangkat lunak, aplikasi, platform online, dan sumber daya digital lainnya untuk menyampaikan materi pembelajaran, berinteraksi, dan berkolaborasi antara guru dan siswa.</p> 2024-03-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Imelda Fatmawati https://proceedingsminasan.fbs.unp.ac.id/index.php/minasan/article/view/65 Evaluasi Terhadap Buku Teks Nihongo Yasashii Sakubun 2024-03-01T06:53:36+00:00 Hendri Zalman hendrizalman.unp@gmail.com Umi Handayani hendrizalman.unp@gmail.com Maulluddul Haq maulluddul_haq@fbs.unp.ac.id <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya penelitian evaluasi terhadap metodologi pembelajaran, khusus evaluasi terhadap buku teks yang digunakan di dalam pembelajaran bahasa Jepang di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi yang dilakukan oleh seorang dosen pengampu mata kuliah Sakubun terhadap buku teks yang dia gunakan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk memperkuat analisis, data kualitatif yang dikumpulkan dengan menggunakan angket diolah secara kuantitatif dengan menggunakan skala 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) secara keseluruhan, buku teks Nihongo Yasashii Sakubun mendapatkan penilaian dengan persentase 52% (dapat dikategorikan baik), 2) dari 7 indikator yang dievaluasi (indikator 1 = <em>aims and approachs</em>, indikator 2 = <em>design and organisasion</em>, indikator 3 = <em>language and content</em>, indikator 4 = <em>skills</em>, indikator 5 = <em>topics</em>, indikator 6 = <em>methodology</em>, indikator 7 = <em>teachers books</em>, indikator 8 = <em>practical considerations</em>), indikator 5, 6, dan 7 perlu untuk diperbaiki/dikembangkan karena hasil evaluasi menunjukkan nilai di bawah 50%<em>.</em></p> 2024-03-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Hendri Zalman, Umi Handayani, Maulluddul Haq https://proceedingsminasan.fbs.unp.ac.id/index.php/minasan/article/view/66 Penggunaan Media Memo Ring Note Book Sebagai Alternatif Pembelajaran Hiragana 2024-03-01T07:37:19+00:00 Rosyane Firdausyah rosyaneane23@gmail.com Rita Arni ritaarni@fbs.unp.ac.id <p><em>Hiragana adalah salah satu huruf&nbsp;yang wajib dipelajari dan dikuasai oleh pemelajar bahasa Jepang. Namun, pada proses pembelajarannya terdapat permasalahan yang seringkali terjadi, seperti kesulitan mengingat hiragana dikarenakan hiragana memiliki jumlah huruf yang lebih banyak dibandingkan huruf latin. Selain itu, hiragana memiliki bentuk yang mirip&nbsp;satu sama lain, dan dalam penulisan hiragana harus sesuai dengan urutan guratan penulisannya. Sehingga untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan media ajar yang lebih bervariasi agar pemelajar bahasa Jepang lebih mudah memahami hiragana. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu media grafis dengan memanfaatkan media memo ring note book. Pada artikel ini bertujuan untuk memaparkan: (1) Media memo ring note book, (2) Proses pembuatan media memo ring note book, (3) Cara penggunaan media memo ring note book. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini dapat membantu pemelajar bahasa Jepang mengatasi permasalahannya ketika mempelajari hiragana.</em></p> 2024-03-01T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Rosyane Firdausyah, Rita Arni